22 Februari 2024

`

Tiga Kelurahan Jadi Percontohan Sanitasi Total Berbaziz Masyarakat

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tiga kelurahan di Kota Malang, Jawa Timur, menjadi percontohan Sanitasi Total Berbaziz Masyarakat (STBM). Tolok ukurnya adalah penerapan 5 pilar dalam mendukung penurunan stunting.

 

Wali Kota Malang, H. Sutiaji bersama para camat dan lurah saat deklarasi Sanitasi Total Berbaziz Masyarakat (STBM), di Savana Hotel & Convention, Jl. Letjen Sutoyo, Kota Malang, Selasa (18/10/2022).

 

 

Wali Kota Malang, H. Sutiaji.

TIGA kelurahan itu adalah Kelurahan Arjosari (PKM, Pandanwangi) Kecamatan Blimbing. Kelurahan Cemoro Kandang dan Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang oleh PKM Gribig.

“Tiga kelurahan tersebut sudah menjadi percontohan Kelurahan STBM. Tolok ukurnya adalah penerapan 5 pilar dalam mendukung penurunan stunting. Lima  pilar itu, mulai stop buang air sembarangan, cuci tangan memakai sabun, pengelolaan air minum di rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga,  serta pengelolaan limbah cair rumah tangga,” kata Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, Selasa (18/10/2022).

Dia menjelaskan, lima  pilar STBM ini  menjadi salah satu instrumen dalam mendukung penurunan stunting. Namun masih ada  faktor lain. “Karena pada kawasan yang banyak Pasangan Usia Subur (PUS), berpotensi terjadinya stunting,” terang Sutiaji saat monitor dan evaluasi kesehatan lingkungan pada percepatan kelurahan STBM 5 pilar dalam mendukung penurunan stunting   di Hotel Savana, Kota Malang, Selasa (18/10/2022).

Pada saat bersamaan, masyarakat Kota Malang juga mendeklarasikan STBM.  Komitmen itu dibuktikan dengan aksi tanda tangan yang diwakili Camat Klojen, Sukun, Lowokwaru,  serta para lurah.  (aji/mat)