23 April 2024

`

Lewat Pesmaba, UMM Ajak Maba Menghargai Berbagai Keberagaman

2 min read
Para mahasiswa UMM menunjukkan kemahiran silat saat Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba), Selasa (21/09/2021).

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM- Sejumlah mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, dari berbagai daerah di nusantara, mengikuti Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba), Selasa (21/09/2021). Event tahunan yang bertemakan Harmony in Diversity kali ini mengajak sivitas akademika untuk menghargai berbagai keberagaman.

 

Para mahasiswa puteri UMM menunjukkan kemahiran menari saat Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba), Selasa (21/09/2021).

 

 

MENYUGUHKAN beragam penampilan, Pesmaba 2021 dilangsungkan dengan format dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Hall Dome UMM dengan protokol kesehatan ketat. Paduan suara PSM Gita Surya dan iringan musik dari band Follow Bee mengawali kemeriahan Pesmaba tersebut.

Para mahasiswa UMM menunjukkan kemahiran bermainm musik dengan biola saat Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba), Selasa (21/09/2021).

Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, menjelaskan, gelaran ini merupakan event sakral untuk menyambut keluarga baru UMM. “Selamat kepada maba karena mampu melanjutkan studi serta menjatuhkan pilihan tepat ke UMM,” katanya.

Fauzan menerangkan, ketika sudah menginjak predikat mahasiswa, akan ada berbagai tanggung jawab yang harus dipikul. “UMM memiliki semboyan yang senantiasa digaungkan, yakni Dari Muhammadiyah untuk Bangsa. Oleh karenanya, saudara tidak punya pilihan lain selain menempa dan menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan,” tegasnya.

Di samping itu, Fauzan juga menyarankan para maba untuk menjadi aktivis kampus. Sebab, kuliah tidak hanya cukup dengan mengejar nilai, tetapi juga harus aktif di berbagai kegiatan, sehingga mampu mendapatkan nilai-nilai kehidupan dan dapat menjadi sarjana harapan bangsa. “Memang tidak mudah, maka saudara harus segera memulai mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri agar mampu berjalan dengan lurus hingga menyelesaikan studi dengan baik,” ungkapnya.

Pada Pesmaba UMM 2021 ini, para mahasiswa diajak menjelajahi sudut-sudut kampus melalui video atraktif. Para maba dibawa menjelajahi kampus I, II hingga III. Terbang menyusuri Dome UMM, Masjid AR. Facruddin, kemudian danau hingga stadion sepak bola. Tayangan ini menjadi upaya UMM untuk mengenalkan berbagai area yang dimiliki kampus. “Mungkin sebagian mahasiswa sudah mengetahui beberapa bagian dari wilayah kampush. Namun kami ingin menunjukkan seluk-beluk dan berbagai laboratorium serta fasilitas yang ada di di tiga kampus UMM,” tutur Rino Anugrawan, sutradara video pengenalan kampus tersebut. (div/mat)