22 April 2024

`

Stok Pupuk di Kabupaten Malang Aman Untuk 3 Bulan ke Depan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Stok pupuk untuk petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk tiga bulan ke depan, dipastikan aman. Ini setelah Satgas Pangan Polres Malang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, meninjau stok pupuk ke beberapa gudang, Rabu (10/01/2024) siang.

 

Stok pupuk untuk petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk tiga bulan ke depan, dipastikan aman. Ini setelah Satgas Pangan Polres Malang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, meninjau stok pupuk ke beberapa gudang, Rabu (10/01/2024) siang. Tampak tumpukan pupuk di salah satu gudang menggunung, cukup untuk memenuhi kebutuhan petani.

 

Satgas Pangan Polres Malang, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Mahila Surya Dewi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Avisenna Medisca Sani Putera, meninjau beberapa gudang pupuk yang menyebar di beberapa wilayah, Rabu (10/01/2024) siang. Di antaranya, GPP Pakisaji, CV Bintang Cemerlang, Gudang Pupuk Bakalan, dan CV Mulian Tani Perdana.

“STOK pupuk untuk tiga bulan ke depan aman. Pupuk urea tersedia sebanyak 5.450 ton, NPK sebanyak 4.603 ton. Namun untuk kebutuhan pupuk tahun 2024 masih menunggu penetapan SK Bupati Malang,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Mahila Surya Dewi, S.Sos, M.Si, saat dihubungi wartawan tabloidjawatimur.com usai kunjungan melalui WA.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi

Terkait distribusi pupuk, Mahila Surya Dewi, menjelaskan, sejauh ini tak ada masalah yang berarti. Bahkan distribusi cenderung aman, lancar, dan terkendali sampai pada lini 4 (empat), dalam hal ini kios atau pengecer. “Soal harga pupuk, masih di kisaran Rp. 2.250/kg untuk urea dan NPK sebesar Rp. 2.300/kg,” ujarnya.

Sementara itu, Satgas Pangan Polres Malang, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Mahila Surya Dewi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Avisenna Medisca Sani Putera, meninjau beberapa gudang pupuk yang menyebar di beberapa wilayah, Rabu (10/01/2024) siang. Di antaranya, GPP Pakisaji, CV Bintang Cemerlang, Gudang Pupuk Bakalan, dan CV Mulian Tani Perdana.

Usai meninjau gudang pupuk, Mahila Surya Dewi berharap, adanya percepatan penyaluran pupuk bersubsidi agar pengelolaan lahan pertanian dapat efektif, sehingga berdampak pada peningkatan hasil produksi dan ketersediaan pangan. (iko/mat)