22 Februari 2024

`

Diskopindag Kaji Bangun Pasar Terpadu di Terminal Hamid Rusdi

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Jawa Timur, tengah mengkaji akan membangun pasar (tradisional) terpadu di area Terminal Hamid Rusdi, Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Kedungkandang, 2024 ini. Sekitar 10 hektar lahan sudah disiapkan untuk membangun pasar.

Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Jawa Timur, tengah mengkaji akan membangun pasar (tradisional) terpadu di area Terminal Hamid Rusdi, Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Kedungkandang, 2024 ini. (ist)

 

DIKUTIP dari malangkota.go.id, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi, Senin (08/01/2024) menjelaskan, pihaknya telah mengkaji pembangunan pasar yang diperkirakan dapat menampung 2.000 pedagang tersebut.

Eko Sri Yuliadi (foto : malangkota.go.id)

“Pasar terpadu ini akan dibangun dengan konsep bangunan modern, diperuntukkan sebagai pusat distribusi barang dan bongkar muat barang. Pasar ini akan menjadi pusat kedatangan berbagai barang dagangan dari sejumlah daerah, seperti dari Kabupaten Malang, Lumajang, Probolinggo, dan Blitar, sehingga para pedagang di Pasar Kebalen dan Pasar Gadang juga kita tarik ke sana,” terangnya.

Eko menambahkan, pasar terpadu ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berdagang atau berusaha, namun dengan catatan tidak mengganggu arus lalu lintas. Selain itu nantinya diharapkan ada pemerataan pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Kota Malang tersebut, sehingga ekonomi tidak tumbuh di pusat kota saja.

Terkait program ini, Eko mengungkapkan masih menunggu arahan Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, agar wacana ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya para pedagang. “Kita masih akan mengkaji dan akan menyampaikan kepada Pj. Wali Kota Malang. Terkait anggaran juga akan mendapat masukan dari beliau,” pungkasnya. (iko/mat)