23 April 2024

`

Ribuan Siswa SD Ikuti Penilaian Akhir Tahun

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ribuan siswa- siswi kelas 1 –  5 SD se Kabupaten Malang, Jawa Timur,  melaksanakan penilaian akhir tahun,  Senin – Jumat (23-27 /05/2022).  Kegiatan ini  sebagai pengganti ujian.

 

Ribuan siswa SD se Kabupaten Malang melaksanakan penilaian akhir tahun sebagai pengganti ujian.

 

“PENILAIAN akhir tahun ini sebagai pengganti ujian serta sebagai tolak ukur siswa dalam menyerap mata pelajaran,” kata Ahmad Wahid Arif, Kepala Bidang Sekolah Dasar  Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Selasa (24/05/2022) siang.

Wahid menambahkan, penilaian akhir tahun ini    bukan saja ujian bagi peserta didik, namun juga bagi orang tua, terutama dalam mendampingi belajar selama pandemi COVID-19.

Daud Puji Slamet, Korwil Donomulyo, Malang, monitoring penilaian akhir tahun di SD Negeri 3 Donomulyo, Kabupaten Malang

“Minimal memberikan perhatian dan motivasi kepada mereka. Bahkan kalau perlu ikut mendampingi mereka saat belajar dan berlatih soal. Pada akhirnya pendampingan tersebut dapat mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua. Tentunya berpengaruh positif juga pada psikologis anak, ” tegasnya.

Daud Puji Slamet, Koordinator Wilayah Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang,  mengatakan, sejak  Senin (23/05/2022)   siswa siswi se-  Kecamatan Donomulyo mulai pelaksanaan penilaian akhir tahun,  dan akan berakhir  Jumat (27/05/2022).

“PAT se Kecamatan Donomulyo  diikuti  3.687  siswa dari 45 lembaga. Terdiri  dari 43 sekolah negeri dan 2 SD swasta.   Penilaian akhir tahun tujuannya untuk mengukur keberhasilan materi yang telah disampaikan guru pada saat proses kegiatan pembelajaran (KBM) selama empat bulan sebelumnya. Selain itu pelaksanaan ulangan ini juga untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi yang telah diajarkan selama ini,” terang Daud.

Sumardi,  S.Pd, Kepala Sekolah Dasar Negeri  (SDN) 3 Donomulyo,  menjelaskan, penilaian akhir tahun ini selain untuk melihat hasil akhir pengetahuan dalam pelajaran juga menjadi sarana membangun karakter kejujuran dalam diri siswa.

Peserta yang mengikuti penilaian akhir tahun semester kedua  di SDN 3 Donomulyo sebanyak   115 siswa,  mulai kelas 1 sampai kelas 5,  mulai pukul 07.30 sampai 10.40 WIB.  (div/mat)