20 Mei 2024

`

Peduli Penyandang Disabilitas, UM Gelar Berbagai Kegiatan

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur, bersama kelompok mahasiswa yang tergabung dalam UKM Gempita (Gerakan Mahasiswa Peduli Inklusi dan Disabilitas), menggelar lomba poster, cover CD, bakti sosial, dan sebagainya di kampus setempat, Kamis, (08/12/2022) siang.

 

Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, M.Pd, memberikan dorprize kepada peserta yang menjawab pertanyaan mengenai disabilitas.

Dr. AHSAN Romadlon Junaidi, M.Pd, Kepala Sub Pusat Pelayanan Mahasiswa Inklusi UM, mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Disabilitas Internasional. “Karena disabilitas adalah bagian dari masyarakat, bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga diharapkan tidak ada perbedaan di antara mereka,” katanya.

Ahsan menjelaskan,  puncak kegiatan dilakukan  launching buku panduan mahasiswa berkebutuhan khusus  untuk menjadi  panduan dan pegangan bagi dosen dan mahasiswa ketika mereka berinteraksi dengan mahasiswa berkebutuhan khusus.

Terpisah, Ketua Pelaksana Gempitam UM, Rafa Anugrah Putri, menjelaskan, UKM Gempita adalah sebuah organisasi yang bertugas mendampingi para disabilitas untuk mempermudah memperoleh akses dalam perkuliahan.

“Dalam acara ini  kami  mengundang teman-teman SLB, teman-teman difabel UM, dan  komunitas peduli difabel di luar UM. Kami juga gelar pameran berbagai karya teman-teman penyandang disabilitas dan kisah-kisah perjuangan inspiratif. Di acara puncak kita bisa membaur bersama teman- teman disable,” katanya.

Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, M.Pd, menjelaskan, pihaknya  selalu optimalkan pelayananan dan melibatkan seluruh sivitas UM agar aware terhadap masyarakat disabilitas. “Karena sejatinya kami memiliki perhatian besar kepada para disabilitas. Terlebih lagi kami memiliki rekan kerja, dosen atau tenaga pengajar dan mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus,” akunya.  (div/mat)