13 April 2024

`

Kota Malang Raih Penghargaan Digital Inovatif

2 min read
“Berbagai inovasi digital yang dikembangkan semata untuk memberi kemudahan warga dalam mengakselerasi percepatan pembangunan, serta bangkitnya ekonomi daerah.”

JAKARTA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemerintah Kota Malang meraih penghargaan kategori Inovasi Digital yang digagas Emtek Grup bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, Kemenparekraf, dan Kementerian Koperasi dan UMKM. Penghargaan diterima Wali Kota Malang, Sutiaji, di Smesco Kemenkop UMKM, Jakarta, Kamis (23/06/2022) lalu.

 

Wali Kota Malang, Sutiaji, menerima penghargaan kategori Inovasi Digital yang digagas Emtek Grup bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, Kemenparekraf, dan Kementerian Koperasi dan UMKM, di Smesco Kemenkop UMKM, Jakarta, Kamis (23/06/2022) lalu.

 

WALI KOTA MALANG, Sutiaji, yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhammad Nur Widianto, serta Kepala Bagian Humas Setda Kota Malang Dony Sandito, mengatakan, untuk Kota Malang ada beberapa aplikasi yang diapresiasi. Di antaranya, Job Fair Active, Sam Gepunbasa, Redivet, serta layanan pengaduan SAMBAT. “Semoga ajang ini mampu menjadi jembatan bagi spirit merdeka bangsa dalam berbagai dimensi,” kata Sutiaji.

Wali Kota Malang, Sutiaji (tengah), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhammad Nur Widianto (kiri), dan Kepala Bagian Humas Setda Kota Malang Dony Sandito (kanan), saat menerima penghargaan kategori Inovasi Digital di Smesco Kemenkop UMKM, Jakarta, Kamis (23/06/2022) lalu.

Sutiaji berterima kasih atas kepercayaan serta penghargaan Merdeka Award 2022 kategori Inovasi Digital untuk Kota Malang. Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi atau digitalisasi dalam pelayanan publik maupun penyelenggaraan pemerintahan, merupakan satu keniscayaan dan komitmen. “Berbagai inovasi digital yang dikembangkan semata untuk memberi kemudahan warga dalam mengakselerasi percepatan pembangunan, serta bangkitnya ekonomi daerah,” katanya.

Wali kota yang hoby bulutangkis ini menambahkan, selama ini Pemkot Malang telah mengembangkan berbagai aplikasi sebagai wujud aktualisasi digitalisasi layanan publik serta smart city. Tidak hanya untuk kebutuhan manusia, namun juga menyasar layanan hewan peliharaan, seperti pada aplikasi Redivet (Rekam Medis Veteriner).

Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng, Ph.D, menyambut baik Merdeka Award, karena dapat menginspirasi generasi muda untuk mampu memanfaatkan teknologi digital dalam mendorong kemajuan literasi digital dan kecakapan digital. “Semoga program ini bisa mendorong lebih banyak lagi lahirnya tokoh-tokoh seperti yang muncul di panggung ini,” harapnya. (div/mat)