23 April 2024

`

Cegah PMK, Ratusan Sapi di Kota Malang Divaksin

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim penyuluh dan dokter melakukan vaksin hewan ternak sapi di Kelurahan Wonokoyo dan Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (26/02/2024), untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak sapi.

 

PJ Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat memberi keterangan terkait pelaksanaan vaksin sapi di Kelurahan Wonokoyo dan Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (26/02/2024) siang.

 

PJ Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, ikut memberi vaksin sapi di Kelurahan Wonokoyo dan Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (26/02/2024) siang.

“PMK belum ditemukan hingga saat ini. Namun tetap dilakukan antisipasi dengan melakukan vaksinasi secara rutin 3 bulan sekali,” terang PJ Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, ditemui saat di lokasi, Senin (26/02/2024) siang.

Ia menambahkan, di Kota Malang, ada sekitar 1.500 ekor hewan ternak sapi. Dari jumlah itu, sekitar 700 ekor segera divaksin di triwulan pertama. Nantinya akan dilakukan secara rutin untuk mencegah PMK. “Vitamin juga diberikan. Jadi, tidak hanya vaksin. Dan itu semua diberikan secara gratis,” lanjutnya

Apakah dilakukan penyekatan agar sapi dari luar tak masuk Kota Malang? “Belum perlu, karena sapi dari luar dilengkapi surat keterangan sehat bebas PMK. Yang divaksin punya kita saja. Yang dari luar sudah menggunakan surat keterangan,” jawabya. (aji/mat)