29 Januari 2023

`

Bupati Sanusi Terima Penghargaan Top 30 Inovasi Terpuji

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi menerima Penghargaan Top 30 Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur 2022 untuk Kampung Tematik Wonosari Berseri, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, di Alun-Alun Kireksogati, Caruban, Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, Rabu (07/12/2022) siang.

 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Annas menyerahkan Penghargaan Top 30 Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur 2022 kepada Bupati Malang, HM Sanusi, di Alun-Alun Kireksogati Caruban, Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, Rabu (07/12/2022) siang.

 

PENGHARGAAN diserahkan Menteri PANRB, Abdullah Azwar Annas bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat Pembukaan Festival Inovasi Desa 2022 di Alun-Alun Kireksogati Caruban, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Menurut Bupati Malang, HM Sanusi, Kampung Tematik Wonosari Berseri merupakan metode penguatan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan dan penguatan potensi desa/dusun yang menampilkan ciri khas muatan lokal yang multi aspek. Ide inovasi ini cocok dan mudah dikembangkan di semua wilayah di Indonesia, karena program ini sangat sederhana, mudah diaplikasikan,  dan tidak membutuhkan biaya tinggi.

Bupati Malang, HM Sanusi membawa Penghargaan Top 30 Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur 2022.

“Bagaimanapun kondisi dan situasi suatu wilayah, dapat dipastikan di situ pasti ada aspek potensi yang dapat dikembangkan sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi yang bisa memberikan dampak pada peningkatan masyarakat,” jelasnya.

Pengembangan Kampung Tematik dilakukan karena selain bisa menjadi cici khas (branding), juga dapat sebagai pendorong pemerataan pembangunan melalui percepatan pertumbuhan pusat-pusat perekonomian dengan menggali potensi dan keunggulan desa/dusun. Setiap desa akan didorong untuk memiliki suatu produk unggulan yang memiliki ciri khas yang digali dari pontensi yang ada di wilayahnya.

Camat Wonosari, Desy Ariyati, S.STP., MM, menjelaskan, inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri adalah menonjolkan potensi- potensi desa yang selama ini belum terekspos dan membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat menurun akibat pandemi. Di dalam aktifitas inovasi ini juga membantu memberdayakan dan pengembangan diri masyarakat untuk menjadi warga yang aktif, melek wisata,  dan kreatif.

“Dengan program kampung tematik bisa memberikan dampak percepatan pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan potesi atau keunggulan yang ada di wilayah serta munculnya titik – titik kunjungan baru di setiap desa, sehingga tidak tersentral di tingkat k,” kata Camat Wonosari.

Bupati Malang memberikan apresiasi atas trobosan inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri Kecamatan Wonosari yang telah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Menurutnya,  inovasi ini dapat memotivasi masyarakat agar semua desa di Kabupaten Malang bisa berkreasi untuk melakukan inovasi yang berdampak mensejahterakan masyarakat. “Dengan diraihnya piagam penghargaan ini saya berharap semua desa dapat termotivasi dan bisa meniru desa di Kecamatan Wonosari,” harapnya.  (iko/mat)

CUKAI SATPOL PP KOTA MALANG