29 Januari 2023

`

Pemkab Malang Raih Penghargaan Reformasi Birokrasi

2 min read

JAKARTA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi tahun 2022 dengan predikat BB. Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyerahkan penghargaan kepada Bupati Malang, HM Sanusi, Selasa (06/12/2022) pagi, di Hotel Bidakara, Grand Pancoran, Jakarta.

 

Bupati Malang, HM Sanusi membawa penghargaan dari Menpan RB bersama para pejabat Kabupaten Malang.

 

PADA kesempatan itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI), serta penganugerahan pelayanan publik kepada instansi pemerintah.

Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, berdampak pada kehidupan bernegara dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, perlu ada reformasi dalam negeri.

Menteri PANRB,  Abdullah Azwar Anas, mengatakan, transformasi merupakan elemen yang tidak bisa dilepaskan dari reformasi birokrasi. Presiden Joko Widodo telah menegaskan pentingnya transformasi untuk menemukan cara cepat dan tepat, dalam menghadapi gejolak perubahan, tantangan dan berbagai peluang melalui inovasi untuk mewujudkan tata kelola yang lebih baik (good governance), berdampak pada kehidupan bernegara dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Sehingga untuk mewujudkan good governance, perlu ada reformasi dalam birokrasi sebab menyangkut penyelenggaraan negara untuk mewujudkan perbaikan pelayanan publik,” ujarnya.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menjelaskan, SAKIP adalah salah satu ukuran untuk penataan birokrasi dan pengelolaan keuangan. “Saat ini SAKIP dan RB menjadi prioritas,  karena akan nendorong peningkatan dana insentif daerah dan menjadi salah satu syarat zona integritas minimal bernilai BB. Prestasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi ini adalah buah kekompakan ASN dalan bekerja mengembangkan serta memajukan daerah, sebagai bentuk tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi.  (iko/mat)

CUKAI SATPOL PP KOTA MALANG