20 Mei 2024

`

Bupati Sanusi Dianugerahi Penghargaan Dari IPDN

2 min read

SUMEDANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi, menerima Penganugerahan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan dari Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN). Penghargaan diserahkan Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM, di Balairung Jenderal Rudini, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (27/10/2023) pagi.

 

Bupati Malang, HM Sanusi, bersama para pejabat Kabupaten Malang usai menerima Penganugerahan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan dari Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), di Balairung Jenderal Rudini, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (27/10/2023) pagi.

 

Bupati Malang, HM Sanusi, menerima Penganugerahan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan dari Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), di Balairung Jenderal Rudini, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (27/10/2023) pagi.

REKTOR IPDN, Hadi Prabowo, menjelaskan, pemberian penghargaan ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 Tahun 2022 tentang Statuta IPDN. “Pada statuta tersebut disebutkan bahwa IPDN dapat memberikan penghargaan kepada seseorang, termasuk kepala daerah, atas prestasinya dalam memajukan pemerintahan dan berkontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN,” jelasnya.

Hadi Prabowo menjelaskan, anugerah ini diberikan setelah melalui proses penilaian secara ketat oleh tim internal IPDN. “Salah satu indikator penilaian yang digunakan yaitu kepala daerah yang bersangkutan dianggap berhasil dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik serta berhasil dalam aspek pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan kemasyarakatan,” jelasnya.

Bupati Malang, HM Sanusi, menerima Penganugerahan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan dari Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM, di Balairung Jenderal Rudini, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (27/10/2023) pagi.

Bupati Malang, HM Sanusi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada IPDN yang sudah memberikan penghargaan ini. Baginya, penghargaan ini sebagai sebuah tantangan untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai bupati. “Penghargaan ini menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dan berupaya memperbaiki tata kelola pemerintahan dan mutu pelayanan publik di Kabupaten Malang. Kita tidak melihat dia alumni IPDN atau bukan, tapi kompetensinya. Saya akui alumni IPDN sangat kompeten dan merupakan ujung tombak pemerintahan di Kabupaten Malang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang juga melakukan penandatanganan berita acara serah terima bantuan operasional berupa 100 unit tempat tidur bagi praja IPDN. Bantuan ini diberikan Bupati Malang guna mendukung proses kegiatan Jarlatsuh (Pengajaran Pelatihan dan Pengasuhan) bagi praja PDN. Ini membuktikan bahwa Bupati Malang sebagai kepala daerah yang sangat mendukung kemajuan pendidikan IPDN.  “Semoga kedepannya akan semakin banyak lulusan pamong praja muda yang kompeten,” harapnya.

Selain Bupati Malang, Kepala Daerah lain yang juga menerima penghargaan yang sama,   PJ. Gubernur Papua Barat Daya. Turut hadir mendampingi Bupati, Pj. Sekda Kabupaten Malang, Dr. Nurman Ramdansyah, SH, M.Hum serta para kepala perangkat daerah alumi pendidikan tinggi kepamongprajaan. (iko/mat)