19 Mei 2024

`

Alfamart Hibahkan Business Center Untuk SMK Prestasi Pasuruan

2 min read

PASURUAN, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejak tahun 2016, SMK Prestasi Pasuruan, Jawa Timur, telah memiliki jurusan manajemen ritel Alfamart. Untuk meningkatkan kualitas jurusan ini, Alfamart menghibahkan Business Center (BC) ini sebagai praktikum siswa, Senin (26/06/2023) pagi.

 

Pelajar SMK Prestasi, Pasuruan, Jawa Timur, belajar melayani pembeli di Business Center (BC), Senin (26/06/2023) siang.

 

MOCHAMMAD Faruq Asrori, Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (PT. SAT), menjelaskan, SMK Prestasi yang terletak di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, ini memang menjadi salah satu sekolah di Jatim yang mengikuti kerjasama Alfamart Class.

Kerjasama ini sudah diteken Gubernur Jatim, Soekarwo di Dyandra Convention Centre Surabaya, Agustus 2015 silam. “Saat itu, setidaknya ada 53 SMK di Jatim yang dipilih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk ikut Alfamart Class,” bebernya.

Pelajar SMK Prestasi, Pasuruan, Jawa Timur, melayani pembeli di Business Center (BC), Senin (26/06/2023) siang.

Sesuai arahan Soekarwo kala itu, program Alfamart Class masuk kategori sinergi Academy Business Goverment (ABG). Yakni kerjasama saling menguntungkan antara swasta dengan pemerintah. Hal ini menjadi solusi bagi problem SDM, khususnya di bidang pendidikan, karena lulusannya bisa ditampung, bekerja di Alfamart. “Mereka juga punya peluang berkarir di Alfamart yang ada di Filipina asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan perusahaan,” bebernya.

Program Alfamart Class mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi. Selama dua tahun berturut-turut, yakni 2020 dan 2021, mendapatkan DUDI Awards.

Siti Musrifah menjelaskan, SMK Prestasi telah membuka kelas khusus Alfamart Class sejak 2016. Dengan adanya hibah BC ini, pihaknya sangat berterima kasih. Pasalnya, siswanya bisa mengaplikasikan teori pendidikanya ke praktikum langsung di lapangan. “Kalaupun mereka nanti ingin berwiraswasta menjadi seorang enterpreneur, telah menguasai ilmu teori dan prakteknya,” tegasnya. (div/mat)