Ringankan Beban Masyarakat Jelang Idul Fitri, Disperindag Gelar Pasar Lebaran

Wakil Bupati Malang, HM Sanusi, meninjau salah satu stand Pasar Lebaran di Kecamatan Gedangan, tahun 2018 lalu.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Untuk membantu penyediaan kebutuhan masyarakat dalam rangka menyongsong  Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur  —dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)— bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, menyelenggarakan Pasar Lebaran di halaman Kantor Kecamatan Gondanglegi, Sabtu (25/05/2019) hingga Minggu (26/05/2019). Belasan ton sembako dijual dengan harga murah pada acara ini.  

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Dra. Hj. Ny. Jajuk Rendra Kresna dan Wakil Ketua PKK, Ny. HM Sanusi meninjau salah satu stand Pasar Lebaran di Kecamatan Gedangan, tahun 2018 lalu.

MENURUT Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Panjtaningsih SR, ada beberapa kebutuhan pokok (sembako) yang dijual di pasar lebaran ini. Di antaranya, gula pasir sebanyak 6 ton, beras 4 ton, minyak goreng 2,5 ton, tepung terigu 2 ton, gas LPG 3 kg sebanyak 1.000 tabung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Panjtaningsih SR.

“Khusus gas LPG, hanya dijual dengan harga Rp 16.000 per tabung. Sedangkan gula pasir, beras, minyak goreng, dan tepung terigu, dijual dengan harga di bawah harga pasaran, karena ada subsidi Rp 2.000 per kilogramnya. Tujuannya jelas, ingin membantu masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Panjtaningsih SR, Jumat (24/05/2019).

Dia menambahkan, untuk pemerataan pelaksanaan pasar lebaran, sesuai petunjuk Wakil Bupati Malang, pada tahun 2019 ini, pasar lebaran dilaksanakan di pendopo dan halaman kantor Kecamatan Gondanglegi.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (25/05/2019) dan Minggu (26/05/2019), mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Rencananya  besok (hari ini) akan dibuka Wakil Bupati Malang, HM Sanusi,” kata Panjtaningsih SR.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada pasar lebaran tahun ini, Disperindag juga menggandeng 100 perusahaan dan instansi terkait yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Di antaranya, PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), PT. Indomarco Adi Prima, PT. Indomarco Prismatama, PT. Sumber Alfaria Trijaya, PT. Lion Superindo, Giant Swalayan, DPC Hiswana Migas, Donkin Donut, PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Malang, PG. Krebet Baru, PG. Kebon Agung, Sub Divre Bulog.

Selain itu, sebanyak 5 Koperasi, 60 UKM, 4 Unit Pengelola Pasar Daerah (UPPD) yang meliputi Pasar Gondanglegi, Pasar Turen, Pasar Krebet, dan Pasar Bululawang, juga mengikuti Pasar Lebaran yang diselenggarakan Disperindag Kabupaten Malang tahun ini di Gondanglegi.

“Beberapa Dinas dan Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang juga ikut dalam acaran ini. Di antaranya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan; Dinas Perikanan;  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan; Dinas Ketahanan Pangan; Dinas Koperasi dan Usaha Mikro; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; Asosiasi Pasar Tani (ASPARTAN) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultuta dan Perkebunan Kabupaten Malang,” terang Panjtaningsih SR. (diy)