TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Memburu Adipura Paripurna

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Jawa Timur, Hari Sasongko membawa Piala Adipura Kirana tahun 2016

Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur meraih Piala Adipura Kirana tahun 2016 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Piala Adipura ke-9 bagi Ibukota Kabupaten Malang ini langsung diterima Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. di Istana Siak, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (22/07/2016). Pada Senin (1/8/2016), piala ini diarak keliling kota.

Semua elemen masyarakat Kepanjen ikut dalam arak-arakan ini. Mulai Camat Kepanjen Suwadji yang membawa piala itu di atas jeep, para Babinsa hingga petugas kebersihan yang tergabung dalam pasukan kuning, binaan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR).

Tahun ini, ada 3 anugerah adipura baru yang diberikan, yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, dan Adipura Pari-purna. Kabupaten Malang diumumkan tahun ini berhak memperoleh Piala Adipura Kirana atau penghargaan untuk kota yang dinilai telah mampu membuat wilayah attractive, yakni Kota Kepanjen.

Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Kabupaten Malang atas prestasi ini. Ini penghargaan Adipura yang kesembilan kalinya bagi Kabupaten Malang. Melalui penghargaan ini, kedepanya dapat menjadi pemicu untuk berinovasi dalam bidang lingkungan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti menjelaskan, keberhasilan Kabupaten Malang meraih Adipura Kirana karena mampu mengintegrasikan antara trade, tourism dan invesment. “Kami targetkan, tahun depan bisa meraih Adipura Paripurna, di mana kami akan sanggup memadukan tiga hal tersebut ditambah aspek sosial dan lingkungan hidup,” harapnya.*