Aremania – Bupati Lestarikan Hutan Mangrove

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna bersama aremania –julukan suporter Tim Sepakbola Arema Cronous– sejumlah pejabat Kabupaten Malang dan aparat TNI AL, menanam 2000 pohon yang terdiri dari pohon mahoni, trembesi dan mangrove di pantai Pantai Batu Bengkung, Kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur akhir pekan lalu. Inilah bentuk kepedulian manusia terhadap lingkungan.

Selain penanaman pohon yang bermanfaat sebagai penyeimbang ekosistem alam, rehabilitasi kawasan kritis di daerah pesisir perlu dilakukan karena terjangan gelombang laut, sehingga memberikan perlindungan sebagai penahan abrasi, penahan lumpur dan perangkap sedimen serta sebagai daerah asuhan (nursery grounds), tempat mencari makan (feeding grounds) dan tempat yang ideal untuk pemijahan (spawning graound) dari berbagai biota laut.
Menurut Dr. H. Rendra Kresna, sungguh akan menjadi ironi apabila kita dianugerahi begitu banyak pantai yang sedemikian indah, tetapi sering kita kotori dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan.
“Selain merusak keindahan, keberadaan sampah tersebut juga akan berdampak negatif terhadap ekosistem laut. Maka menjadi kewaji-ban kita bersama agar kebersihan lingkungan tetap terjaga, agar lingku-ngan hidup juga dapat terus memberi-kan dukungan terhadap kehidupan manusia,” katanya.
Dia menambahkan, upaya pena-naman pohon dan semua kegiatan penyelamatan pantai ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi keberlanjutan ekosistem yang mendukung hasil tangkap ikan, fungsi lindung dan konservasi serta fungsi wisata. Hal ini akan memberikan peningkatan kesejahteraan nelayan. “Yang terpenting, keberadaan sumber daya kelautan dan perikanan dapat terjaga kelanjutannya sampai anak cucu,” tegasnya.
Karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang, melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), akan terus melakukan upaya-upaya konservasi dan akan meningkatkan secara sinergitas bersama semua jajaran serta segenap potensi masyarakat.
“Dengan adanya kegiatan pena-naman pohon ini, diharapkan mem-berikan tingkat keberhasilan tinggi dengan indikator banyaknya yang tumbuh nan hijau. Oleh karena itu saya mengharapkan adanya penga-wasan dan pemeliharaan tanaman sampai cukup besar dan kuat akar dan dahannya,” katanya.*