13 April 2024

`

UMM Siap Cetak Atlet E-Sport Profesional

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur, membuka Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berbasis e-Sport. Namanya, UMM E-Sport, Februari 2022. Meski berawal dari game mobil legend (ML), tapi UMM E-Sport sudah punya divisi PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). 

 

Mahasiswa UMM membahas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berbasis e-Sport. Namanya, UMM E-Sport.

 

NIZAR Muttaqin, Ketua UMM E-Sport,  menceritakan, sebelum resmi menjadi UKM, UMM E-Sport ini berbentuk komunitas game Mobile Legend (ML) yang sudah ada sejak 2019.

Karena animo dan antusiasme para mahasiswa tinggi,  akhirnya mereka berdiskusi dengan pihak kampus hingga hadirlah UKM. Meski berawal dari game ML, tapi UMM E-Sport sudah melebarkan divisi. Salah satunya, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).  “Setelah resmi menjadi UKM, kami melebarkan sayap ke game lain,  yaitu PUBG agar bisa menjangkau banyak mahasiswa lainnya. Lagipula ada banyak game kompetitif lain yang bisa dikembangkan,” kata Nizar, Selasa (07/06/2022).

Mahasiswa UMM bermain game online.

Nizar  menjelaskan, sudah ada sederet kegiatan yang dilaksanakan. Mulai  mengadakan turnamen, fun match,  dan open recruitment, serta menjalin kerja sama, baik  internal maupun  eksternal.

Mahasiswa asli Surabaya ini menuturkan, ada dua bentuk divisi di UKM. Di antaranya,  Divisi Pro- Scene dan Divisi Game. Divisi Pro-Scene fokus pada penyiapan atlet yang akan dilombakan untuk mewakili UMM di turnamen. Sedangkan divisi game lebih kapada persiapan turnamen dan agenda.  “Saat ini ada dua game yang terus kami kembangkan,  yaitu PUBG dan ML,” ujarnya.

Mahasiswa informatika angkatan 2018 ini berharap,  ke depan UMM E-Sport bisa beregenerasi dengan baik dan terus berlanjut. Begitu pun dengan ekosistem dunia game,  membaik dan produktif, sehingga dapat melahirkan atlet-atlet e-sport yang membanggakan. (div/mat)