13 April 2024

`

Tim Pos Onta Malang Kota Garuk Belasan Motor Balap Liar

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Patroli Sahur on The Road (Pos ONTA) Polresta Malang Kota bersama TNI, Satpol PP, dan unsur lainnya, mengamankan 17 motor balap liar dan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis saat razia di sekitar GOR Ken Arok, Kedungkandang, Simpang 3 Ciliwung, dan depan Ruko Panorama Jl A Yani, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (31/03/2024) malam.

 

Petugas gabungan mendata kendaraan yang terjaring razia, di sejumlah titik di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (31/03/2024) malam.

 

KASAT Lantas Polresta Malang, Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno, menjelaskan, sesuai amanah Kapolresta Malang Kota, pihaknya melaksanakan Patroli Sahur On The Road. Dimulai pukul 01.00 WIB  sampai subuh pukul 03.30 WIB.  “Tim Pos Onta berhasil mengamankan 17 motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Dari 17 motor yang diamankan, dijaring dari tiga lokasi. Mulai sekitar GOR Ken Arok, Kedungkandang, Simpang 3 Ciliwung, dan depan Ruko Panorama Jl A Yani, Blimbing,” katanya.

Petugas gabungan mendata kendaraan yang terjaring razia, di sejumlah titik di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (31/03/2024) malam.

Dia menambahkan, patroli di bulan Ramadhan ini tidak hanya fokus pada balap liar, namun juga sebagai bentuk pencegahan perang sarung, penyalahgunaan petasan, dan gangguan kamtibmas lainnya. “Patroli Sahur On The Road juga fokus pada pencegahan aksi perang sahur dan penyalahgunaan petasan yang bisa mengganggu istirahat warga sekitar,” kata Kompol Aris.

Sementara itu, untuk pengambilan kendaraan yang terjaring razia, harus mengikuti sidang tilang, membawa surat bukti kepemilikan (BPKB, STNK) dan wajib mengganti knalpot, dikembalikan standart pabrikan.

Personil Pos Onta sekaligus menghimbau masyarakat agar menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), serta mencegah tindakan 3C (pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor).

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto memerintahkan Polsek jajaran turut berperan aktif mencegah gangguan kamtibmas sedini mungkin, terlebih di bukan suci Ramadhan tahun 1445 H ini. Salah satunya dengan melakukan Patroli Sahur On The Road (POS ONTA) bersinergi dengan TNI dan Satpol PP.

“Untuk menjaga situasi Kota Malang agar tetap aman di bulan Ramadhan ini, kami terus bersinergi dengan TNI dan Pemkot Malang. Sebab kondusifitas adalah tanggung jawab bersama,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Budi Hermanto, Minggu (31/03/2024) siang. (aji/mat)