23 Februari 2024

`

PT. Molindo Kembangkan Teknologi Nol Limbah

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – PT. Molindo Raya Industrial (MRI), yang berlokasi di Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur tengah membangun dua alat pengubah limbah dari India yang akan menghasilkan tenaga listrik dan pupuk organik-anorganik.

 

 

Vice President Director Molindo, Imam Hadi Purnomo.

“Ini adalah komitmen yang diberikan manajemen. Ke depannya untuk menyikapi situasi dan kondisi lingkungan. Prinsipnya, kita sangat berkomitmen sekali terhadap lingkungan,” tutur Vice President Director Molindo, Imam Hadi Purnomo, Selasa (24/07/2018).

Rencananya, teknologi baru, evaporator dan vinase boiler ditargetkan mulai beroperasi awal tahun 2019. Bahkan, vinase boiler sudah masuk, untuk evaporator sudah dalam penyempurnaan pembangunan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, asap hasil dari  ethanol akan dipekatkan dengan evaporator kemudian dipanasi menggunakan vinase boiler. Sehingga menghasilkan menghasilkan pupuk sekitar 20.000 ton organik maupun an organik.

Selain itu, vinase boiler juga dapat untuk memanaskan turbin yang akan menghasilkan listrik hingga 4,9 mega watt.

Ia pun berharap, teknologi ini akan membawa perusahaan yang sudah berusia 53 tahun ini menjadi green manufacturer. Dengan begitu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan memberikan proper hijau.

“Persyaratan untuk menuju Green sangat ketat. Tapi kita akan menuju kesitu. Yang penting, secara internal, harus sudah tertib dan tau mana – mana yang tidak boleh. Jangan sampai nanti menimbulkan suatu persoalan, terutama dalam konteks dengan lingkungan,” pungkasnya. (ide)