23 April 2024

`

Peringati Hari LH se Dunia, Alfamart dan Pejabat Tanam Pohon

3 min read
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyerahkan bibit pohon kepada peserta tanam pohon di Taman Gayam, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (19/06/2022) pagi.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Alfamart bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, kader lingkungan, serta berbagai elemen masyarakat lainnya, menggelar aksi tanam pohon, bersih-bersih sampah, dan mencabut paku yang menancap di pohon di kawasan Taman Gayam, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (19/06/2022) pagi. 

 

DEPUTI Branch Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Malang, Jawa Timur, Sugiharto, menjelaskan, kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2022. “Ini adalah bukti nyata  Alfamart bahwa kita tetap sejalan dengan kegiatan lingkungan hidup. Alhamdulillah, Alfamart tiap tahun tetap mendukung kampanye lingkungan hidup yang dilakukan setiap komunitas,” katanya di sela-sela acara.

Pembina Kader Lingkungan Kota Malang Wasto (rompi hijau) menyerahkan bingkisan kepada kader lingkungan yang mengikuti tanam pohon di Taman Gayam, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (19/06/2022) pagi.

Sugiharto menambahkan, di acara ini, Alfamart menyumbang 500 goodybag dan mengerahkan 100 relawan. Bahkan pihaknya juga terlibat aktif menanam pohon, bersama sejumlah undangan lainnya, termasuk Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko.

Tim Alfamart bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (jaket hitam), Pembina Kader Lingkungan Kota Malang Wasto (rompi hijau) saat acara tanam pohon di Taman Gayam, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (19/06/2022) pagi.

Menurut Sugiharto, pada 2021 lalu, Alfamart membagikan total 1.000 bibit pohon. Di tahun 2022 ini, kegiatan Alfamart dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan beragam. Mulai menanam pohon hingga pembagian kantong belanja non plastik.  “Ini salah satu program lingkungan hidup Alfamart, yakni clean and green dari enam program besaran kami,” terangnya.

Peserta aksi tanam pohon, bersih-bersih sampah, dan mencabut paku yang menancap di pohon di kawasan Taman Gayam, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (19/06/2022) pagi sedang menanam bibit pohon.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Malang, Sutiaji yang berkesempatan menanamkan bibit pohon, sangat berterimakasih kepada seluruh komunitas peduli lingkungan yang terus bergerak untuk kepentingan masyarakat. “Kita ucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh komunitas yang terus- menerus bergerak untuk kepentingan masyarakat sekelilingnya,” katanya.

Sedangkan Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Wali Kota Malang, mengatakan, dengan adanya gerakan peduli lingkungan ini, ke depan pihaknya akan terus menekankan ke masyarakat untuk sering melakukan gerakan tanam pohon dan membersihkan sampah. “Hari ini saya tanam di sini, dan terus melakukan penanaman di Kota Malang. Ada buah, pohon taman, dan lainnya. Semuanya berawal dari kegiatan untuk merawat, untuk mewujudkan lingkungan Kota Malang yang lebih baik,” ujarnya.

Pembina Kader Lingkungan Kota Malang, Drs. Wasto, menjelaskan, tidak kurang 550 bibit pohon yang ditanam di Taman Gayam. Bibit yang ditanam sebagian besar adalah bibit pohon buah. Mulai, buah sawo, nangka, sirsak, mangga, rambutan, jambu, hingga durian. “Ini kami inisiasi sendiri. Acaranya bertepatan dengan Hari Lingkungan se Dunia,” jelasnya.

Wasto juga mengapresiasi langkah Alfamart yang terus peduli terhadap lingkungan, utamanya di wilayah Kota Malang. “Selama ini mitra utama kader lingkungan ya Alfamart. Tiap satu bulan sekali dari kecamatan ke kecamatan, muter untuk menanam pohon. Yang memfasilitas bibit dan segala sesuatunya ya dari Alfamart. Alfamart Cabang Malang tidak henti- hentinya mensuport kita dan berperan aktif menanam pohon,” jelasnya. (div/mat)