25 Mei 2024

`

Peduli Olahraga, Wali Kota Malang Raih KONI Jawa Timur Award 2022

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menerima penghargaan sebagai kepala daerah yang peduli olahraga dalam ajang KONI Jawa Timur Award 2022, di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Jumat (4/11/2022) malam.

 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, yang mewakili Wali Kota Malang, H. Sutiaji, menerima KONI Jawa Timur Award 2022, di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Jumat (04/11/2022) malam. (foto : malangkota.go.id)

 

KEPALA Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), Baihaqi, yang mewakili Wali Kota Malang menerima penghargaan, menjelaskan, penghargaan ini diberikan karena Pemkot Malang dinilai menunjukkan komitmen tinggi untuk meningkatkan prestasi olahraga dengan menyediakan anggaran khusus untuk pembinaan olahraga, salah satunya saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022.

“Pemkot Malang menyediakan APBD sebesar Rp 18,5 miliar. Anggaran ini meningkat dibandingkan saat Porprov 2019 lalu sebesar Rp 12,5 miliar. Para atlet pun meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat kedua raihan medali, yakni 70 emas, 67 perak, dan 72 perunggu dalam Porprov 2022,” katanya usai menerima penghargaan.

Baihaqi menambahkan, Pemkot Malang memang memiliki kepedulian tinggi untuk pembinaan atlet. “Komitmen beliau sebagai kepala daerah salah satunya adalah dengan memberikan anggaran yang cukup yang diberikan kepada KONI untuk pembinaan olahraga. Tentu penghargaan ini menjadi kebanggaan juga bagi Kota Malang yang selama ini konsisten peduli dalam pembinaan olah raga,” ujarnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, bersama Kepala Dinas Kominfo, Muhammad Nur Widianto usai menerima KONI Jawa Timur Award 2022, di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Jumat (04/11/2022) malam. (foto : malangkota.go.id)

Baihaqi menyampaikan, ke depan,  Wali Kota Malang juga akan terus berkomitmen menyediakan dana pembinaan melalui APBD untuk dapat terus meningkatkan prestasi olahraga.

“Harapannya Kota Malang terus berprestasi di event regional, provinsi, dan nasional. Kita tahu bahwa para atlet kita ini sudah banyak berprestasi di tingkat regional Jawa Timur dan nasional. Bahkan ke depan kita berharap atlet kita juga bisa mendunia, mengharumkan Kota Malang, mengharumkan bumi Arema, mengharumkan Indonesia,” harapnya.

Dalam KONI Jawa Timur Award 2022 ini, juga memberikan berbagai penghargaan juga kepada para atlet dan pelatih berprestasi, atlet muda potensial, mantan atlet yang telah mengharumkan nama Jawa Timur, dan kepala daerah yang peduli olahraga.

KONI Jawa Timur Award 2022 dilaksanakan untuk menyambut Hari Pahlawan sebagai apresiasi untuk pahlawan olah raga Jawa Timur. “Ini kegiatan monumental sebagai catatan sejarah untuk insan olahraga Jawa Timur. Apa yang dilakukan bisa memberi keteladanan kepada atlet kita semua. Ini sebuah kegiatan untuk pencatatan dokumentasi prestasi olahraga,” ujar Ketua KONI Jatim,  M. Nabil.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten I Setdaprov Jatim, Benny Sampirwanto,  mengatakan, Jawa Timur merupakan lumbung atlet berprestasi. “Dengan hadirnya Jatim Award tentu akan menambah semangat dan motivasi para atlet dan daerah untuk mampu meningkatkan prestasi,” katanya.

“Penghargaan ini sebagai apresiasi atas kerja dan usaha dalam mengharumkan nama Jawa Timur. Tetap semangat meraih prestasi karena medali emas tidaklah terbuat dari emas tapi dari keringat, tekad, dan keyakinan,” pungkasnya. (mak/mat)