13 April 2024

`

Operasi Gabungan Sasar Penunggak Pajak

2 min read

MALANG | TABLOIDJAWATIMUR.COM – Registrasi Identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Malang Kota, Samsat Kota Malang, dan Jasa Raharja, melakukan operasi gabungan Sadar Pajak di kawasan Jl. Bandung, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (20/02/2024), menyasar para penunggak pajak kendaraan roda empat dan dua.

 

Petugas gabungan dari Registrasi Identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Malang Kota, Samsat Kota Malang, dan Jasa Raharja, melakukan operasi gabungan Sadar Pajak di kawasan Jl. Bandung, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (20/02/2024), menyasar para penunggak pajak kendaraan roda empat dan dua .

 

 

PULUHAN personel gabungan menghentikan seluruh kendaraan dan melakukan pemeriksaan. Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

“Ya, hari ini kami melakukan operasi gabungan kepada para pengguna jalan untuk meningkatkan kesadaran membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Operasi ini rutin dilakukan, dua kali dalam sebulan,” terang Kasi Penagihan dan Pembayaran UPT PPD Samsat Malang Kota, Suherman di sela-sela operasi.

Dalam operasi gabungan itu, petugas menemukan masih banyak kendaraan menunggak PKB. Didominasi sepeda motor. “Kalau dari hasil operasi, kesadaran pemilik mobil dalam membayar PKB sangat tertib. Namun untuk sepeda motor, kami temukan sebagian belum membayar pajak,” lanjutnya.

Mungkin, masih kata Kasi Penagihan dan Pembayaran UPT PPD Samsat Malang Kota, Suherman, karena faktor ekonomi. Karena kebanyakan pemilik sepeda motor adalah ojek online (ojol) maupun mahasiswa. Pihaknya mengedepankan edukasi, supaya sadar dan taat membayar pajak.

“Kami hanya memberikan imbauan kepada masyarakat. Apabila telat membayar pajak, kita imbau untuk segera membayar di Samsat Keliling,” pesannya.

Selain melakukan pemeriksaan PKB, petugas gabungan juga memberikan sosialisasi keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. “Di samping pengecekan PKB, juga memberikan sosialisasi keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. Yang tertib berlalu lintas, dapat hadiah souvenir gantungan kunci sebagai apresiasi,” terang Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Malang, Eko Mulyanto.

Hal senada juga disampaikan Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satlantas Polresta Malang Kota, AKP Yulian Putra. Ia berharap, seluruh masyarakat Kota Malang selalu tertib berlalu lintas. “Selalu lengkapi kendaraan dengan perlengkapan keselamatan, seperti spion dan gunakan helm SNI. Dan jangan gunakan knalpot tidak sesuai spsifikasi teknis atau knalpot brong,” pesannya. (aji/mat)