23 Februari 2024

`

CV. Nusantara Jaya Food Ekspor 240 Ton Singkong Beku ke Amerika Selatan

2 min read
“Untuk itu kami diundang untuk menghadiri pelepasan ekspor singkong beku CV. Nusantara Jaya Food. Alhamdulillah, pelepasan perdana ekspor dengan tujuan negara Curacao, Amerika Selatan, oleh Dirjen IKMA Kemenperin, sudah dilakukan.”

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – CV. Nusantara Jaya Food, perusahaan makanan di Jl. Raya Ampeldento No 100 Desa Asrikston, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan ekspor perdana singkong beku atau frozen cassava (kode: HS 0714) senilai USD 150 ribu, berat 240 ton, ke Curacao, Amerika Selatan, Jumat (23/09/2022).

 

CV. Nusantara Jaya Food, perusahaan makanan di Jl. Raya Ampeldento No 100 Desa Asrikston, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan ekspor perdana singkong beku atau frozen cassava (kode: HS 0714) senilai USD 150 ribu, berat 240 ton, ke Curacao, Amerika Selatan, Jumat (23/09/2022).

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi mendampingi Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Ir. Reni Yanita, M.Si, melepas ekspor perdana singkong beku dari CV. Nusantara Jaya Food Jumat (23/09/2022) pagi.

PELEPASAN ekspor dilakukan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah,  dan Aneka (IKMA)  Kementerian Perindustrian, Ir. Reni Yanita, M.Si, di PT. Depo Surabaya Sejahtera,  Jl. Tanjung Batu No.1, Perak Bar, Kecamatan  Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Hadir dalam pelepasan ekspor tersebut sejumlah undangan, termasuk Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi.

Dalam sambutannya, Dirjen IKMA, Ir. Reni Yanita, M.Si, menjelaskan, pada tahun 2021, total nilai ekspor HS 0714 (singkong beku atau frozen cassava) sebesar USD 1,63 juta dengan berat 2,9 ribu ton. “Hingga Mei 2022 nilainya sebesar USD 283,39 ribu dengan berat 178,96 ton,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi mendampingi Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Ir. Reni Yanita, M.Si, melepas ekspor perdana singkong beku dari CV. Nusantara Jaya Food di PT. Depo Surabaya Sejahtera, Jl. Tanjung Batu No.1, Perak Bar, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (23/09/2022) pagi.

Dia menjelaskan, negara tujuan ekspor HS 0714 sepanjang 2021 dan 2022 adalah Cina, Belanda, Taiwan, Saudi Arabia, dan Jerman. Sedangkan negara tujuan eskpor dari CV. Nusantara Jaya Food kali ini adalah Curacao, Amerika Selatan, yang merupakan negara non tradisional. “Ini sangat menggembirakan, karena  kita memiliki potensi dan peluang pasar ekspor baru yang bisa dieksplorasi lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, dalam rangka mendukung pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) pangan di Indonesia, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah,  dan Aneka  Kementerian Perindustrian, mendorong para IKM untuk memperluas pemasaran. Tidak hanya pasar lokal namun juga pasar global.

Salah satu IKM yang telah mendapatkan fasilitasi melalui program Dirjen IKMA yang melakukan ekspor adalah CV. Nusantara Jaya Food, sebuah perusahaan pangan yang berada di wilayah Kabupaten Malang.

“Untuk itu kami diundang untuk menghadiri pelepasan ekspor singkong beku CV. Nusantara Jaya Food. Alhamdulillah, pelepasan perdana ekspor dengan tujuan negara Curacao, Amerika Selatan, oleh Dirjen IKMA Kemenperin, sudah dilakukan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi. (iko/mat)