26 Juni 2024

`

Kepala BPS : Pers Saat Ini Lebih Kritis, Berwawasan Luas dan Semakin Canggih

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, Jawa Timur, Erny Fatma Setyoharini, menilai pers saat ini lebih kritis, berwawasan luas, dan semakin canggih dalam mengulas data sebagai bahan berita.

 

Kepala BPS Kabupaten Malang, Erny Fatma Setyoharini

HAL INI ia sampaikan sebagai catatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-78 tahun, Jumat (09/02/2024). Pada peringatan HPN ini, PWI Malang Raya menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya, khataman, ziarah ke makam para wartawan yang sudah meninggal, serta upacara di Alun-alun bunder, depan Balaikota Malang.

Apa pendapat ibu terkait perkembangan pers Indonesia saat ini? “Pers/media saat ini lebih kritis, berwawasan luas, dan semakin canggih dalam mengulas data sebagai bahan berita. Karena itu saya berharap pers/media harus lebih cerdas mengulas berita dengan dasar data dengan benar. Jangan sampai antara judul/topik yang ditulis dengan ulasan yang disampaikan tidak nyambung,” katanya, Jumat (09/02/2024) siang melalui pesan WA.

Erny Fatma Setyoharini menambahkan, wartawan harus bisa membaca data, menganalisa, lalu mengulasnya berdasarkan fenomena yang terjadi dengan benar. “Ini sangat penting. Jangan sampai karena ketidakpahaman membaca data sehingga berita yang disampaikan menjadi provokatif,” pesannya.

Bagaimana peran media terkait dengan informasi program-program BPS kepada masyarakat? “Sangat penting. Bahkan saya punya tagline BPS Kabupaten Malang sahabat media. Baik media cetak, online, maupun radio atau televisi. Karena medialah penghubung BPS dalam menyampaikan kegiatan maupun data yang dihasilkan BPS ke pemerintah, akademisi, maupun ke masyarakat,” terangnya. (iko/mat)