26 Juni 2024

`

Ekspor Bagus, Pemkab Malang Raih Penghargaan Dari Gubernur Jatim

2 min read

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Malang menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Pendukung Ekspor se-Jawa Timur dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) Siang.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau stand peserta East Java International Trade Festival di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) siang.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan penghargaan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Malang, Nurcahyo, SH, M.Hum, sebagai pemerintah kabupaten/kota pendukung ekspor di sela-sela East Java International Trade Festival di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) siang.

PENGHARGAAN diserahkan Gubernur Jawa Timur kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Malang, Nurcahyo, SH, M.Hum, mewakili Bupati Malang, HM Sanus. Turut mendampingi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi, S.Sos, M.Si.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau salah satu stand saat menghadiri East Java International Trade Festival di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) siang.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa, mengatakan, festival ini bertujuan meningkatkan nilai ekspor dan neraca perdagangan luar negeri Jawa Timur. Sebab kinerja ekspor non migas Jawa Timur pada Januari 2023 mengalami penurunan, dari USD 1,85 miliar pada Desember 2022 menjadi USD 1,63 miliar. Turun 12,08 persen.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melihat produk dan dialog dengan peserta East Java International Trade Festival di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) siang.

Kabupaten Malang dianggap layak menerima penghargaan tersebut karena memiliki binaan IKM yang banyak dan berorientasi ekspor. Tidak hanya itu, peran Kabupaten Malang dalam meningkatkan kegiatan ekspor ditunjukkan dengan adanya berbagai kegiatan pendukung. Seperti pembinaan dan pengembangan ekspor, pengembangan produk unggulan, pembentukan tim percepatan dan peningkatan ekspor, serta aktif ikut pameran sebagai sarana promosi produk. Selain itu alokasi anggaran untuk mendukung para pelaku usaha agar semakin berkembang dan siap ekspor juga bagus.

“Saya berharap penghargaan yang diraih Pemerintah Kabupaten Malang ini akan semakin motivasi bagi Tim Percepatan Ekspor Disperindag agar lebih aktif membina dan mendampingi IKM untuk bersaing, memasuki pasar ekspor, guna meningkatkan neraca perdagangan luar negeri,” harap Bupati Malang, HM Sanusi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengenakan rompi kepada peserta East Java International Trade Festival di Grand City Mall & Convex Surabaya, Selasa (30/05/2023) siang.

Ada beberapa hal yang menjadi nilai tambah dari Kabupten Malang sesuai dengan indikator yang dipersyaratkan sehingga memperoleh penghargaan. Pertama, jumlah anggaran untuk mendukung program perdagangan luar negeri. Kedua, inisiatif Kabupaten Malang ikut aktif dalam kegiatan luar negeri, baik program dari provinsi maupun kementerian.

Ketiga, jumlah kegiatan Kabupaten Malang, khususnya Disperindag Kabupaten Malang, yang telah dilakukan pada program ekspor, serta pemahaman dan kesanggupan Kabupaten Malang dalam permintaan data aktif dan pengisian kuisioner dari provinsi pada program perdagangan luar negeri.”Dengan adanya East Java International Trade Festival ini, saya berharap mampu mengangkat nilai promosi perdagangan, khususnya di Kabupaten Malang, serta mengembalikan citra produk ekspor,” harapnya. (bri/mat)