18 Mei 2024

`

Dua Mahasiswa Asing FKUB dan Tiga Guide Terseret Ombak Laut Selatan

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dua mahasiswa asing yang sedang melakukan exchange student di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang, mulai 03-28 Juli 2023, dan tiga orang guide, terseret ombak di Pantai Panjang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (08/07/2023) siang.

 

Petugas memantau laut, di lokasi tenggelamnya dua mahasiswa asing FKUB dan tiga guide di Pantai Panjang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (08/07/2023) siang.

KEDUA mahasiswa itu, Jana Olivia Oland (24) asal Swiss dan Ana Brieva Plamirez (24) asal Spanyol. Selain dua mahasiswa asing ini, ada tiga orang guide dari agen travel yang juga terseret ombak saat akan menolong dua mahasiswa asing tersebut. Tiga orang WNI itu adalah Mande Indra, Bayu, dan Ruspadni alias Pendik. Hingga berita ini dibuat, proses percarian masih berlangsung.

Student exchange merupakan salah satu rangkaian kegiatan CIMSA (Center for International Student Association). “Pelaksanaan kegiatan di FKUB dikoordinir oleh MSCIA (Medical Student’s Committee for International Affairs) FKUB, di bawah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan,” terang Kepala Pengelola Informasi dan Kehumasan FKUB, dr. Holipah, Ph.D ditemui, Sabtu (08/07/2023) sore.

Untuk itu pihak kampus telah melakukan koordinasi dengan kedutaan terkait (negara asal). Selain itu mengirimkan tTm Emergency Disaster untuk bergabung dengan Tim Kepolisian dan BASARNAS di lokasi kejadian. “FKUB telah dan akan selalu berupaya keras. Kami berkoordinasi dengan BASARNAS dan Tim Kepolisian di lokasi,” lanjutnya.

Dari informasi yang dieperoleh, rombongan mahasiswa tersebut mengadakan tour bersama 29 mahasiswa (17 WNA dan 12 WNI). Pada Sabtu siang mahasiswa tersebut berenang. Sedangkan Jana Olivia Oland (24) asal Swiss dan Ana Brieva Plamirez (24) asal Spanyol, tidak bisa menepi. Mereka menyangkut di tengah pulau. Para tour guide berusaha membantu, tapi tiba-tiba ombak besar datang dan mereka semua terseret ombak laut. (aji/mat)