13 April 2024

`

Dongkrak Wisata Malang Selatan, Tahun Ini Pembangunan Jalan Digenjot

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Harapan masyarakat agar kawasan Malang selatan bisa menjadi destinasi wisata seperti Bali  atau Lombok, sepertinya  bakal terwujud, menyusul mulai bergeraknya pembangunan jalan di Malang selatan yang akan dilaksanakan pemerintah pusat.

 

Salah satu sudut JLS di Malang selatan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

HAL INI disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi, saat menghadiri  halal bi halal di eks Pembantu Bupati Malang di Kecamatan Bantur, Selasa (09/05/2023) pagi di Aula SMA 1 Bantur. Ikuit hadir, Wakil Bupati Malang,  Didik Gatot Subroto, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Malang, HM Sanusi, menghadiri halal bi halal bersama masyarakat.

Menurut  Bupati Malang,   pembangunan  jalan dari arah Pantai Balekambang,  Desa Srigonco, Kecamatan Bantur,  sudah  dalam proses tender. Juni nanti statusnya naik menjadi jalan nasional. ”Sedangkan  pembebasan sejumlah lahan untuk pembangunan jalan,  sudah terselesaikan. Kemarin saya sudah menandatangani proses penyelesaian tanah yang diminta oleh Balai Pembangunan Jalan  dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk sementara yang akan dibuat membangun dananya dari APBD,  sehingga  ada kolaborasi pembangunan jalan nasional mulai  Gondanglegi –  Bantur sampai  JLS,” katanya.

Bupati asal Gondanglegi ini berharap pembangunan jalan tahun ini bisa selesai. Sedangkan jalan yang dari Karangkates – Kalipare – Sumberoto Donomulyo, SK-nya juga sudah turun. “Sumber dananya dari  APBN, berdasarkan Instruksi Presiden,” jelasnya.

Bupati Malang, HM Sanusi, bersama masyarakat Kabupaten Malang saat halal bi halal.

Tak hanya itu, program pembangunan jalan lainnya yang sudah masuk adalah jalan dari Kepanjen ke arah Pantai Ngliyep melewati Pagak terus ke Donomulyo. Karena sudah terprogram semua, Bupati Sanusi  berharap usaha Presiden Joko Widodo agar wilayah Malang selatan ini bisa dijadikan pusat wisata pantai yang diharapkan  sama dengan Bali  atau minimal sama dengan di Pulau Lombok, sehingga   sepanjang jalan lintas selatan bisa menjadi objek wisata.

Menurut  Sanusi, harapan  ini  sudah disampaikan kepada  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. “Pak Menteri bersedia menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo agar pengelolaan wisata di Jawa  bisa dikelola oleh pemerintah daerah, sesuai Undang-undang 41 tahun 1999,  seperti di luar Jawa. ”Harapannya,  wisata  pantai di Jawa maju dan pemerintah daerah bisa mengalokasikan dana untuk pembangunan di lokasi objek wisata pantai,” harapnya. (iko/mat)