25 Mei 2024

`

Bupati Sanusi – Ketua Umum PBNU Dapat Penghargaan Maliki Award

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi menerima penghargaan MALIKI Award dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, saat Peringatan HUT ke-61 UIN Maliki, di Auditorium Gedung Dr. (HC) Ir. H. Soekarno Lt. 5, Sabtu (29/10/2022) pagi.

 

Bupati Malang, HM Sanusi bersama pimpinan UIN saat menerima penghargaan MALIKI Award dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Jawa Timur, saat Peringatan HUT ke-61 UIN Maliki, di Auditorium Gedung Dr. (HC) Ir. H. Soekarno Lt. 5, Sabtu (29/10/2022) pagi.

 

BUPATI Malang asal Gondanglegi, yang pernah nyantri ini dinilai sebagai alumni berprestasi dalam bidang pemerintahan.

Selain Bupati Malangi, UIN Maliki juga memberikan penghargaan kepada Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf, sebagai tokoh moderasi beragama,  dan KH. Thoriq Bin Ziyad,  sebagai alumni inisiator Hari Santri.

“Semoga di usia yang semakin matang ini, UIN Maliki Malang senantiasa diberikan keberkahan dengan menjadi Perguruan Tinggi yang dipercaya masyarakat maupun insan akademik di skala domestik maupun mancanegara, sehingga mampu mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi,” kata  HM. Sanusi, saat memberikan sambutan.

Bupati Sanusi juga memberikan selamat kepada Ketua PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, yang hadir secara virtual dan mendapatkan penghargaan sebagai tokoh moderasi beragama. “Semoga ke depan, akan terus terjalin silaturahmi antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan Pemerintah Kabupaten Malang,  utamanya dalam hal meningkatkan toleransi serta pluralisme di Malang Raya, khususnya di Kabupaten Malang,” harapnya.

Bupati Malang, HM Sanusi dan pimpinan UIN.

Salam silaturahmi juga ia sampaikan kepada KH. Thoriq Bin Ziyad yang mendapat anugerah sebagai alumni inisiator Hari Santri. “Bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, mari kita bangun semangat agar para santri dapat mewarnai dinamika pembangunan,  baik pada tingkat regional, nasional, maupun internasional,” ajaknya.

Sebagai alumnus UIN, Sanusi mengaku  sangat bangga menerima penghargaan Maliki Award 2022 kategori Alumni Berprestasi dalam Bidang Pemerintahan. “Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Civitas Akademika Universitas Maliki Malang yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang dalam melaksanakan pembangunan, baik fisik maupun non fisik di  Kabupaten Malang, ” ujarnya.

Sanusi menjelaskan, belum lama ini, Pemkab Malang baru saja menandatangani perjanjian kerjasama melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) lewat Berita Acara Serah Terima (BAST) Pemerintah Kabupaten Malang kepada Kementerian Agama RI terkait hibah tanah untuk pembangunan kampus keempat UIN Maliki Malang di  Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

“Semoga kerjasama ini menjadi salah satu ikhtiar bersama dalam pembangunan dari sektor pendidikan. Terlebih di atas lahan seluas 16 hektare tersebut nantinya akan berdiri Fakultas Agrokompleks yang di dalamnya terdiri dari program studi peternakan, perikanan, kelautan,  dan pertanian,” katanya.

Sementara itu, hadir dalam acara ini Ketua PBNU KH. Yahya Cholil Staquf secara virtual, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. M. Zainudin, MA, beserta jajaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang.  (bri/mat)