Wakili Indonesia, Kapal Robot ITS Ikuti Kompetisi Kapal Robot Internasional

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mewakili Indonesia dalam kompetisi Internasional Roboboat di Florida Amerika Serikat, tanggal 19 – 23 Juni 2019.

 

 

Peluncuran Kapal Robot Barunastra dan uji coba kapal di kolam Rektorat ITS.

SEBELUM bertolak ke Amerika, kapal terbaru rakitan Tim Barunastra secara resmi diluncurkan oleh Rektor ITS, Mochammad Ashari, jajaran Pemerintah Kota Surabaya dan Provinsi Jatim di Surabaya, Kamis (09/05/2019).

Perhelatan tersebut akan menjadi ajang pembuktian bagi Tim Barunastra, untuk kembali mengikuti kompetisi internasional tahunan yang keduabelas guna mempertahankan gelar juara yang berhasil diraih pada tahun 2018 lalu.

Sebelum berangkat mengikuti kompetisi roboboat pada tanggal 19-23 Juni mendatang di Florida, Amerika Serikat, kapal robot dengan nama Nala G-Four hasil rakitan putra dalam negeri ini, resmi diluncurkan.

Rektor ITS, Mochammad Ashari, jajaran Pemerintah Kota Surabaya dan Provinsi Jatim melluncurkan Kapal Robot Barunastra.

Kapal Robot Nala G-Four yang dirakit selama enam bulan ini, unjuk gigi dengan melaju cepat di atas air saat peluncuran. Kapal Autonomous dengan inovasi material dan algoritma terbaru ini dilengkapi berbagai macam sensor. Di antaranya, sensor jarak, kamera untuk menangkap obyek sekitar kapal dan kompas serta drone untuk navigasi yang lebih akurat. Keunggulan kapal terbaru ini diharapkan dapat menyelesaikan seluruh misi dalam kompetisi dan pulang ke Indonesia dengan membawa gelar juara.

“Kita,  ITS,  setiap tahunnya mengikuti ajang ini dan akan rutin kita ikuti,  karena dalam ajang Roboboat kita selalu menjadi yang terbaik,” jelas Rektor ITS Mochammad Ashari.

Sejalan dengan Rektor ITS, Tim Barunastra ITS akan mencoba yang terbaik untuk mempertahankan gelar. “Kapal robot yang kita rancang ini  berbeda dan mampu bermanuver hingga 180 derajat. Kapal ini dilengkapi sensor jarak, kamera untuk menangkap obyek sekitar kapal dan kompas serta drone untuk navigasi yang lebih akurat,” ungkap Ketua Tim Barunastra ITS, Steven Caramoy.

Sementara itu, meski lawan terberatnya selama ini adalah peserta dari Amerika Serikat, Tim Barunastra 2019 yakin dapat menjadi juara untuk yang kedua kalinya di Amerika Serikat. (ang)