Wakil Bupati Malang Terima Anugerah Parahita Ekapraya

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ditetapkan sebagai salah satu kabupaten dan kota di Indonesia yang mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 tingkat Madya. Penghargaan bergengsi dari Menteri Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) ini diterima Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM dari Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla bersama Menteri Koordinator Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (Menko PPPA) di Istana Wapres, Jalan Kebun Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018) siang.

 

Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM menerima penghargaan APE tahun 2018 dari Menko PPPA, Yohana Yembise di Jakarta.

 

DALAM acara spesial tersebut, Menko PPPA, Yohanes Yembise menyampaikan, sejak tahun 2004, Pemerintah Pusat melalui Kemen PPPA melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak melalui strategi pengarustamaan gender (PUG). Hal ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam empat kategori antara lain Pratama bagi 2 provinsi dan 44 kabupaten/kota, Madya bagi satu Kementerian, 8 Provinsi dan 36 kabupaten/kota, dan tertinggi yakni Mentor bagi 6 Kementerian/Lembaga, 4 Provinsi dan 4 kabupaten/kota.

”Pemberian penghargaan APE 2018 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 90 tahun 2018. Selain penghargaan APE, Kemen PPPA juga memberikan penghargaan khusus kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani yang berperan aktif dalam menggerakkan strategi pengarustamaan gender dalam pembangunan bangsa,” terang Menko PPPA dalam sambutannya di awal kegiatan penganugerahan APE, Rabu siang.

Pihaknya lantas mengusung harapan pemberian penghargaan APE ini semakin memotifasi Kementerian/Lembaga, Pemda Kabupaten/Kota, dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia. Menko PPPA meminta semua stakeholder dapat bekerjasama, berkolaborasi, dan saling membahu mengemban mandat negara, untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat dan berkualitas.

Terpisah, Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM menyampaikan, raihan penghargaan APE tahun 2018 ini untuk memacu kinerja di pemerintah daerah agar nanti semakin meningkatkan dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di wilayah Kabupaten Malang. Pak Sanusi mengatakan, ke depannya perlu ada program yang mengarah nyata untuk melaksanakan perlindungan dan pengarustamakan gender.

”Pak Presiden Joko Widodo juga menyarankan di pemerintah daerah agar menginisiasi dari kaum perempuan untuk menjabat sebagai kepala dinas di organisasi perangkat daerah. Pemerintah Kabupaten Malang ke depan tentunya harus ditingkatkan kinerja tersebut. Sekaligus pencapaian ini bisa meningkat dari tingkat Madya menuju Pratama dan kalau bisa menjadi juga kategori Mentor,” terang Wabup di halaman Istana Wapres kepada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Malang. (iko)