Tinggalkan Kertas, IBU Beralih ke IT

Rektor Ikip Budi Utomo, DR Nurcholis Sunuyeko memberikan keterangan.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – IKIP Budi Utomo (IBU) Kota Malang, Jawa Timur,  akan meninggalkan dunia kertas, karena  kegiatan  pembelajaran menggunakan teknologi IT (paper less). IBU telah menyiapkan dana Rp 1,4 miliar guna pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi, baik tablet maupun laptop.

 

 

Kampus IBU Malang.

REKTOR IKIP Budi Utomo (IBU), Dr. Nurcholis Sunuyeko membenarkan akan kesiapan dana untuk pengembangan pendidikan tersebut. Untuk itu, IBU Malang harus menyiapkan ribuan tablet atau laptop serta jaringan internet.

“Kami terus maju, dengan kesiapan anggaran. Di berbagai bidang pengembangan pendidikan, menjadi prioritas,  termasuk teknologi. Karena itu, mahasiwa tidak menggunakan buku catatan lagi, namun langsung menggunakan teknologi IT,” tuturnya saat ditemui, Kamis (19/07/2018).

Saat ini, IBU sudah membagikan 3.000 unit tablet, untuk dosen dan mahasiswa. Pemberian itu, untuk tahap pertama. Penyerahannya dilakukan pada semester ganjil 2017/2018. Tercatat, saat ini sekitar 7.000 mahasiswa  lebih. Yang belum memperoleh perangkat IT, diagendakan di tahap berikutnya.

Nurcholis mengaku, dengan pembelajaran berbasis IT, peningkatan kualitas kelulusan IBU Malang, semakin berdaya saing dan sesuai tuntunan dunia kerja. Karena itu, dirinya optimis hasil pembelajaran berbasis IT itu akan sangat efektif dan bermanfaat.  (ide)