Tim Saber Pungli Tangani 30 Kasus

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 30 lebih kasus pungutan liar (pungli) uang ditangani Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Timur, diproses. Jumlah itu, masih ditambah lagi kasus saber yang diserahkan kepada aparat penegak hukum setempat.

 

Sosialisasi pencegahan pungli dari Polda Jatim di Malang.

 

PERNYATAAN itu disampaikan Irwasda Polda Jatim, Kombespol Soetarjo saat sosialisasi pencegahan pungutan liar Provinsi Jawa Timur, di Hotel Savana, Kamis (08/11/2018).

“Sampai saat ini, temuan Saber Pungli ada sekitar 30 lebih. Belum lagi temuan pungli yang diserahkan ke aparat setempat. Karena itu, diberikan sosialisasi pungli kepada pimpinan, agar mampu mengalokasikan anggaran sesuai dengan peruntukannya,” tuturnya, di sela – sela sosialisasi.

Ia melanjutkan, dari jumlah tersebut, banyak terdapat penyimpangan anggaran yang  dilakukan kepala desa, camat, kepala sekolah dan oknum – oknum lainnya.

“Penyimpangan yang sering terjadi, seperti  dana desa (DD) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang menggunakan APBN dan APBD, namun peruntukannya tidak sesuai,” lanjutnya.

Selain itu,  saat ini sudah banyak operasi tangkap tangan (OTT) dan pelakunya sudah diproses sesuai aturan yang berlaku. Kejadian itu harus dijadikan contoh bagi pengelola anggaran agar tidak disalahgunakan.

“Anggaran yang sudah ada untuk masyarakat  jangan sampai ada pemotongan – pemotongan lainnya. Sehingga anggaran berubah fungsi dari yang sebenarnya,” imbuhnya.

Kombes Pol Soetardjo berharap, dengan sosialisasi, para penentu kebijakan dan pengelola anggaran bisa dengan bijak mengelola anggaran sesuai porsinya. Sosialisasi, juga merupakan program kerja di wilayah Jawa Timur secara bergantian.

Sebelumnya sosialisasi juga dilakukan di Madiun dan Surabaya hingga ke Malang. Sosialisasi diikuti sekitar 500 an peserta, mulai Lurah, Camat para Polisi Malang Raya dan beberapa peserta lainnya.  (ide)