Sehari, Warung dan Rumah Terbakar di Singosari

Petugas PMK Kabupaten Malang memadamkan api yang membakar warung.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dua kebakaran hebat terjadi di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur dalam waktu berbeda. Sebuah warung di samping BCA, milik  Krisna Marthalazha (35), warga Jln Indrokilo Utara RT. 03 / RW 11, Kelurahan  Kalirejo, Kecamatan Lawang, terbakar, Jumat (13/12/2019) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB.  Kebakaran kedua menimpa rumah milik Solikan (90), warga Jln. Keramat RT.03 RW.04 Kelurahan  Pagentan, Kecamatan Singosari, Jumat (13/12/2019) pukul 20.20 WIB.

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menjelaskan,  pada Jumat  pagi buta, sekitar pukul 02.02 WIB, petugas jaga PMK Kabupaten Malang, menerima telepon dari seseorang bernama Toha yang sedang lewat di lokasi kebakaran, Jl. Panglima Sudirman No. 94 Singosari. “Kepada petugas, dia mengabarkan ada sebuah warung yang berada di sebelah selatan BCA Singosari, terbakar,” katanya, Jumat siang.

“Setelah dapat laporan, Tim PMK yang dipimpin Endri Wiyanto sebagai komandan regu, langsung meluncur ke lokasi kebakaran dengan membawa 2 unit mobil pemadam kebakaran (damkar).  Ternyata benar, ada warung ukuran 75 m2 yang terbakar,” kata Goly Karyanto, Jumat (13/12/2019) pagi.

Tim PMK yang tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 02.00 WIB, langsung melakukan tindakan penanggulangan. Dengan peralatan yang sudah siap dan dibantu warga sekitar, petugas melakukan pemadaman. Sekitar pukul 03.50 WIB, api sudah dapat dijinakan. “Tak ada korban jiwa. Kerugian material sekitar Rp 90 juta,” kata Goly.

Menurut Goly, sejauh ini petugas yang berwenang masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran warung tersebut. Bahkan, petugas kepolisian masih memasang  garis Polisi agar tak ada orang yang masuk sekaligus untuk memudahkan penyelidikan. Namun dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh kompor yang meledak.

Sementara itu, kebakaran kedua menimpa rumah milik Solikan (90), warga Jln. Keramat RT.03 / RW.04 Kelurahan  Pagentan, Kecamatan Singosari, Jumat (13/12/2019) malam,  pukul 20.20 WIB.  “Rumah berukuran 60 m2 terbakar. Api diduga berasal dari lilin yang merembet, membakar kardus. Kejadiannya sekitar pukul 20.20 WIB.  Api berhasil dijinakan sekitar pukul 21.53 WIB,” kata Goly.  (bri/mat)