TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Aprillia Dwi Rahma Putri

Raih Nilai UTBK Sempurna, Siswi MAN Batu Masuk UIN

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Nilai UTBK SBMPTN 2021 sempurna berhasil diraih Aprillia Dwi Rahma Putri, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu, Malang, Jawa Timur dengan skor UTBK 1.000 materi sejarah.

 

Aprillia Dwi Rahma Putri

ALHAMDULILLAH, saya bisa lolos SBMPTN dan masuk UIN Malang. Padahal awalnya sempat pesimis juga, karena tidak yakin saya mampu. Tapi saya bismillah pilih UIN Malang,” kata Aprillia.

Dikutip dari situs Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, siswi berjilbab ini tak segan menuturkan rahasianya. Dia juga menjelaskan peran kedua orang tuanya, Sanusi dan Suherminiati. “Saya terus berdoa dan meminta kedua orang tua agar mendoakan saya lulus masuk UIN. Tak lupa juga sholat tahajud dan dhuha,” katanya.

Aprilia,  yang bercita-cita menjadi seorang psikolog ini  menambahkan, selain berdoa, Aprillia menuturkan kuncinya yakni rajin belajar seperti para pesaingnya yang lain. Aprillia yang mengambil jurusan bahasa ini ikut bimbel, rutin mengerjakan buku kumpulan soal SBMPTN dan belajar dari internet.

Aprillia berhasil meraih nilai sempurna pada materi sejarah di UTBK SBMPTN 2021. Anak kedua ini mengatakan, sejak dulu menyukai pelajaran tersebut dan banyak menghafalkannya. Pelajaran favorit lainnya adalah agama, yang menurutnya bisa jadi bekal hidup.

Terkait pilihannya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Aprillia mengatakan,  di perguruan tinggi tersebut adalah pilihan tepat. Dia bisa mendapatkan pelajaran umum dan agama sekaligus, sehingga mantap memilih Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Prestasi Aprillia yang meraih nilai UTBK SBMPTN 2021 sempurna disambut baik Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ishom Yusqi. Aprillia membuktikan siswa madrasah mampu bersaing, “Ini prestasi yang luar biasa. Tidak mudah mendapatkan nilai sempurna,” ujar Ishom.

Ishom berharap, prestasi Aprillia bisa menjadi motivasi siswa madrasah yang lain. Dengan kemandirian, siswa madrasah bisa membuktikan mampu berprestasi dan berkompetisi dengan siswa lainnya. (div/mat)