Mesin Konslet, Pabrik Karet di Lawang Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Malang memadamkan api di pabrik karet PT.Huwangkang Rubber, Lawang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setelah Pasar Lawang, kali menimpa pabrik karet PT. Huwangkang Rubber yang terletak di Jalan Inspol Suwoto, Sumberwuni, Lawang, Kamis (24/04/2019).

 

MENURUT Kapolsek Lawang, Kompol. Gaguk Sulistyo, kebakaran di perusahaan yang memproduksi karet tersebut, terjadi pukul 14.10 WIB. “Kejadiannya pukul 14.10 WIB. Petugas pemadam kebakaran tiba pukul 15.00 WIB. Dua puluh menit kemudian api sudah bisa dipadamkan,” terang Kapolsek Lawang.

Relawan PMI Kabupaten Malang membantu memadamkan api di pabrik karet PT. Huwangkang Rubber, Lawang.

Gaguk memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian amuk si jago merah itu. “Tidak ada korban jiwa maupun luka=luka. Untuk kerugian material masih dilakukan pendataan,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten  Malang, Mudji Utomo, berdasarkan dari assesment yang dilakukan relawan PMI, api berasal dari mesin pemotong kertas.

“Dari keterangan yang kami dapatkan, awalnya, salah seorang karyawan akan menghidupkan mesin. Beberapa saat kemudian, api muncul dari panel listrik dan membesar,” jelas relawan senior PMI ini.

“Diduga mesin mengalami konsleting. Akibat dari mesin pemotong karet terbakar, beberapa material karet dan peralatan listrik terbakar,” lanjut pria yang akrab disapa Mbah Tomo.

Untuk menjinakkan amukan si jago merah, Seksi Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kabupaten Malang harus mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran. “Ada dua unit mobil damkar yang kita kerahkan. Setelah proses pemadaman, kita melakukan pembasahan. Pukul 17.00 WIB semua personil dan unit mobil damkar kami tarik dari lokasi kejadian,”ujar Kasi PBK Kabupaten Malang, Agus Suyanto. (diy)