Mahasiswa KKN UMM Sosialisasi Teknologi Mina Padi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Mengadakan program kerja Sosialisasi Teknologi Mina Padi dengan penyuluh dari Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian Kabupaten Malang yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 38 UMM, Rabu (24/7/2019).

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, di Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

 

Penyuluhan Sosialisasi Teknologi Mina Padi.

PROGRAM ini dilakukan untuk mengembangkan potensi Desa Brongkal yang berupa lahan pertanian dan sumber air yang melimpah. Sasaran dari program ini antara lain Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Brongkal.

Peserta Sosialisasi Teknologi Mina Padi.

Kegiatan ini diawali dengan materi teknologi mina padi yang disampaikan oleh Ibu Nisma Nurilla, Penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang. Materi yang disampaikan mulai dari pengenalan teknologi mina padi hingga teknik penerapan teknologi mina padi. Kegiatan kedua materi mengenai sistem tanam padi jajar legowo yang disampaikan oleh Ibu Winarni, Penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang. Materi yang disampaikan mulai dari teknik penanaman jajar legowo hingga manfaat penerapan sistem jajar legowo untuk perkembangan hasil panen.

Warga yang hadir turut aktif dan antusias dalam acara sosialisasi tersebut. Warga ikut berdiskusi dan tertarik dengan teknologi mina padi dan sistem tanam jajar legowo yang dikenalkan oleh pemateri. Harapannya kelompok tani dapat menerapkan teknologi yang sudah dikenalkan untuk mengembangkan lagi potensi Desa Brongkal dan meningkatkan pendapatan Petani untuk kesejahteraan masyarakat desa. (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah)