TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan kepada Forkopimda Malang Raya di Makorem 083/Baladhika Jaya, Jl. Bromo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (13/08/2021).

Luhut : Pindahkan Pasien Yang Isoman ke Isoter

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan seluruh kepala daerah se Malang Raya dan TNI/Polri agar aktif memindahan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) ke isolasi terpadu (isoter) untuk mencegah penularan kepada keluarga.

 

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meninjau RS Lapangan Ijen Bulevard.

 

HAL INI ia sampaikan saat melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan  Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico, Kabinda Jatim, Danrem 083/Baladhika Jaya, pejabat utama Polda Jatim, pejabat utama Kodam V/Brawijaya, serta Forkopimda se Malang Raya  di Makorem 083/Baladhika Jaya,  Jl. Bromo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (13/08/2021).

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan kepada Forkopimda Malang Raya di Makorem 083/Baladhika Jaya, Jl. Bromo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (13/08/2021).

Sebelumnya, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan  bersama rombongan mengecek sejumlah tempat penanganan COVID di Malang Raya. “Pemerintah daerah harus bersinergi dengan TNI/Polri, memindahkan pasien isoman ke isoter. Karena isoter terbukti dapat menekan penyebaran virus sekaligus dapat menekan korban jiwa akibat COVID,” kata  Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Tempat pertama yang dicek adalah Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Malang. Di lokasi tersebut, Luhut berpesan kepada pasien agar mengikuti anjuran pemerintah. “Jika salah satu keluarga positif, segera melaksanakan isoter agar anggota keluarga tidak tertular.  Dengan isoter, secara tidak langsung sudah memutus penyebaran COVID-19,” katanya.

Menurut Luhut, isolasi terpadu sangat penting. Karena di sini ada dokter dan tenaga medisnya. Di sini juga disediakan obat-obatan, kesehatannya dicek setiap saat. “Dan yang terpenting adalah tidak menularkan kepada anggota keluarga,” ujarnya.

Ia juga meminta agar tidak menutup- nutupi angka orang yang terpapar COVID-19. “Biar saja dibuka, karena ini masalah bersama. Asal patuh dengan prokes, pasti turun,” tegasnya.

Lokasi selanjutnya yang dicek, RS Lapangan Ijen Bulevard. Dilanjutkan meninjau vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kemudian meninjau tempat isoter di YPPI Kota Batu. Diakhiri dengan koordinasi di Makorem. (aji/mat)