Lanjutan Tol Mapan Sampai Kepanjen, Diharapkan Terealisasi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM Infrastruktur berupa akses jalan yang standar dan memadai, mutlak dibutuhkan sebagai percepatan pencapaian peningkatan perekonomian dan kemakmuran warga. Terkait hal tersebut, meski masih berupa wacana dan rencana, adanya proyek Jalur Lingkar Malang Raya dan Jalan Tol Malang – Kepanjen diharapkan bisa terealisasi demi peningkatan perekonomian warga.

 

 

Tomie Herawanto.

HAL INI dikatakan, Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, kepada awak media, Selasa (29/7/2019) siang. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, masih berencana membangun proyek Jalur lingkar Malang Raya guna menyediakan akses yang lebih leluasa, termasuk membahas keterhubungan dengan Jalur Lintas Selatan (JLS).

Rencana tersebut juga bagian dari lanjutan tol Malang – Pandaan sampai ke Kepanjen. Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, menerangkan, hingga kini pihaknya terus melakukan kajian tentang realisasi wacana tersebut. Tomie menyadari, wacana pembangunan jalan itu bisa memperbagus infrastruktur tak hanya bagi Kabupaten Malang namun juga Jawa Timur.

Hal ini karena, hingga kini, di Jawa Timur masih belum memiliki akses penghubung antara jalur lintas Utara dengan jalur lintas Selatan.

“Masih belum ada konektivitas antara wilayah Utara dengan Selatan. Harapannya dengan tersambungnya Tol Mapan sampai ke JLS ini nanti menjadi satu-satunya akses antara Utara dengan Selatan di Jawa Timur,” tegas Tomie

Mantan Kepala Dinas Pertanian ini mengungkapkan, semua pihak baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten masih punya pekerjaan rumah yang cukup banyak. Yakni, menyiapkan trase yang saling berkesinambungan antara tol sampai ke JLS.

Terkait trasenya, Tomie menuturkan, pembangunan JLS rencananya bakal dilanjutkan mulai dari Balekambang sampai ke Desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo. Tidak hanya berhenti di Kabupaten Malang, seperti tertera dalam Musrenbang Provinsi Jawa Timur, pembangunan JLS bakal dilanjutkan ke Blitar sampai Pacitan.

Sementara untuk lanjutan Tol Mapan sampai ke Kepanjen, Tomie mengungkapkan, kini pihak terkait sedang melakukan kajian di lapangan guna menetapkan trase yang akan digunakan. Tomie menyebut, sebisa mungkin tidak melalui tanah aset pemerintah atau juga tanah kas desa.

“Sekarang sedang kami kaji apakah lewat Gondanglegi atau Kepanjen,” papar Tomie.

Terkait pengembangan terkini, Tomie membenarkan bahwa proses pembangunan awal JLS tersebut mulai dilanjutkan. Terutama bagian awal di daerah Kondang Merak.

“Sementara untuk pengerasan saja, setelah itu baru dilanjutkan untuk kegiatan fisiknya,” urai Tomie mengakhiri. (hadi)