Kunker Perdana Wagub Jatim ke Kabupaten Malang

Wagub Jatim, Emil Dardak saat mengunjungi TPA Talangagung, Kepanjen.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dalam rangka kunjungan kerja, Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elistianto Dardak, M.Sc mengunjungi Stadion Kanjuruhan dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung di Kecamatan Kepanjen, Minggu (24/02/2019).

 

DENGAN didampingi oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H. Sanusi, M.M dan pejabat terkait, Wagub Jatim Periode 2019-2024 yang biasa disapa Emil Dardak, pertama kali mengunjungi Stadion Kanjuruhan, yang dilanjutkan ke TPA Talangagung, dan Bendungan Ir, Sutami. Dalam kunkernya ke TPA Talangagung, Wagub menyatakan kebanggaannya, karena TPA Talangagung sudah menjadi TPA percontohan nasional, dan sudah direplikasi oleh daerah lain.

Wagub Jatim, Emil Dardak saat melakukan pengecatan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen.

“Salah satu yang menarik dari TPA Talangagung yang sudah menjadi rujukan nasional dan merupakan kebanggaan kita adalah bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat sekitar misalnya atau para pemulung dalam pengelolaan sampah, dan hasil gas metannya bisa dinikmati masyarakat,” terang Emil.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elistianto Dardak, M.Sc didampingi oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H. Sanusi, M.M.

Bahkan Wagub yang baru dilantik 13 Februari  2019, mengaku terkesan dengan pemberdayaan masyarakat putus sekolah dalam pengembangan generator listrik berbahan gas metan. “Ini sesuai dengan program kami, yakni Belanova, Berburu Inovasi Daerah, pengembangan generator listrik berbahan gas metan dari pengolahan sampah merupakan hal yang menarik, apalagi melibatkan masyarakat yang tidak tamat sekolah,”puji mantan Bupati Trenggalek.

Lebih lanjut, Emil berjanji akan mengenalkan program-program inovasi daerah ke tingkat nasional maupun internasional. “ Tentunya Provinsi tidak bisa menjawab semua permasalahan daerah, Provinsi hanya bisa membantu dan memperkuat dengan memperkenalkan ke tingkat nasional atau internasional, jadi biar inovasi seperti ini tidak kemana-mana,” tegasnya.

Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta  35 tahun silam menyempatkan diri berkunjung ke Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Malang. “Saya ingin tahu stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Malang ini,”ucap Emil.

Demi meningkatkan kemajuan prestasi olahraga di Kabupaten Malang, suami artis Arumi Bahcsin ini berjanji akan membantu pembangunan kanopi bagi penonton di Stadion Kanjuruhan.”Tadi saya langsung ditodong Pak Wabub untuk membantu pembangunan kanopi, jika memang ada keseriusan dari Pemkab Malang, dan disetujui DPRD Kabupaten, kami siap membantu pembangunan kanopi di Stadion Kanjuruhan,”papar Wagub Jatim.

Pada kunker di Stadion Kanjuruhan, Emil Dardak secara simbolis ikut melakukan pengecatan Stadion Kanjuruhan yang merupakan inisiasi Aremania. “Saya kagum dengan semangat kegotong-royongan para Aremania,”pungkasnya.

Usai mengunjungi TPA Talangagung, Wagub beserta rombongan bertolak ke Bendungan Ir. Sutami di Desa Karangkates, Sumberpucung, dan diagendakan menutup kunjungan kerjanya di Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang. (diy)