Kodim 0818 Berlaga di Lomba Binter Pusat

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat yang dipimpin  Kolonel Inf Taufik Shobri  beserta anggota, Letkol Inf Suparno dan Mayor Inf S. Darmansyah, mengunjungi Markas Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, Senin (08/07/2019).

 

Forpimda menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat.

 

TIM PENILAI dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad) ini datang untuk menilai kinerja Kodim 0818  Kabupaten Malang-Batu yang berkompetisi dalam Lomba Binter Tingkat Pusat.

Turut menyambut, Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM dan Komandan Kodim (Dandim) 0818, Letkol Inf Ferry Muzzawwad. “Saya turut mengapresiasi kehadiran tim penilai, dan saya mengucapkan selamat berlomba kepada Kodim 0818. Saya berharap mendapat hasil yang terbaik,” papar Sanusi.

Ketua Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat, Kolonel Inf Taufik Shobri disambut kalungan slayer.

Dikatakannya, Kodim 0818 selalu bersinergi dengan Pemkab Malang, Polres Malang dan jajaran Forkopimda dalam berbagai hal. “Kolaborasi yang dijalankan Kodim 0818 selama ini sangat baik. Misalnya,  saat terjadi kebakaran pasar Lawang dan berbagai kegiatan masyarakat, Kodim 0818 selalu membantu, ” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzzawwad mengungkapkan, pihaknya tetap berkomitmen menjaga kondusifitas meskipun mempunyai wilayah luas. “Walaupun kawasan tugas Kodim 0818 ada di Kabupaten Malang dan Kota Batu cukup luas, namun  kami selalu berkolaborasi dengan seluruh lapisan yang ada di dua wilayah tersebut,” terangnya.

Dijelaskannya, kerjasama dengan seluruh elemen menjadi solusi utama memenangkan Lomba Binter Tingkat Pusat ini. “Kami yakin,  Kodim 0818 bisa meraih prestasi dalam lomba Binter Tingkat Pusat ini,” jelasnya.

Sementara itu, tim penilai akan melakukan penilaian,   meliputi pengecekan pangkalan,  program Binter dan Binter non program di staf intel,  staf ops, staf log, Tuud dan staf pers. Penilaian juga dengan pengecekan ke Koramil, yang sedang melakukan  pembinaan program  bedah  rumah dan bidang  pertanian.

Lomba Binter bertujuan  untuk mengukur sejauh mana Kodim mampu menyelenggarakan kegiatan pembinaan teritorial, pembinaan satuan, dan meningkatkan mekanisme kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah daerah  dan segenap komponen masyarakat di wilayah tugasnya.

Sasaran lomba Binter yang ingin dicapai adalah kegiatan binter dilaksanakan oleh Kodim,  baik program maupun non program sesuai yang diharapkan, yaitu terselenggaranya tertib administrasi, meningkatkan kemampuan aparat, dan tumbuhnya kreativitas para Dandim dalam mengembangkan metode binter yang bersifat non program.

Dandim 0818/  Kabupaten Malang – Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P, mendapatkan kehormatan menjadi perwakilan  Kodam V/ Brawijaya untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat pusat tahun 2019.

Sementara itu, Kolonel Inf Taufik Shobri menyampaikan, relasi dan koordinasi Kodim 0818/ Kabupaten Malang-Batu, sudah berjalan baik,  seperti dilihat sepintas adanya kekompakan dengan unsur Muspida.

“Kalau di daerah ada yang namanya Piala Adipura untuk lomba kebersihan. Sedangkan  di Angkatan Darat juga ada,  namanya Piala Adi Manunggal untuk juara lomba pembinaan teritorial,” terangnya.  (hadi/mat)