13 April 2024

`

Teknik Mesin UMM Pamerkan Karya Futuristik di Mexpo 2021

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Lebih dari seratus alat dan mesin yang dirancang mahasiswa dan dosen Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, dipamerkan dalam Mechanical Engineering Expo (Mexpo), di pelataran prodi, Senin (04/10/2021) dengan protokol Kesehatan ketat.

 

Mahasiswa Prodi Teknik Mesin UMM memamerkan hasil karya mereka di Mechanical Engineering Expo (Mexpo), di pelataran prodi, Senin (04/10/2021).

 

Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, memotonmg pita, tanda dibukanya Mechanical Engineering Expo (Mexpo), Senin (04/10/2021).

KETUA Prodi teknik Mesin UMM, Nur Hasanah, S.T., M.Sc., menuturkan, selain mendukung Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), event ini juga menjadi ajang untuk memperlihatkan hasil penelitian dan rancangan alat yang dibuat mahasiswa dan dosen. “Expo ini saya rasa menjadi kegiatan pertama dari Teknik Mesin untuk menunjukkan berbagai karya, baik  produk Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), penelitian, maupun lomba-lomba,” katanya.

Prodi Teknik Mesin memberikan dana pembinaan untuk Tim Mekatronik, Robotik, serta pemenang-pemenang PKM saat gelaran Mechanical Engineering Expo (Mexpo), Senin (04/10/2021).

Nur Hasanah menambahkan, expo dilaksanakan sebagai pemenuhan IKU 5 yang ada di PKKM ini, selain pameran, skema ini nantinya juga akan mendaftarkan beberapa produk terpilih untuk mendapatkan HaKI. “Kami yakin, di tengah pandemi seperti ini, para mahasiswa masih memiliki energi yang melimpah dan luar biasa. Maka dari itu, Mexpo hadir untuk menjadi wadah yang bagus,” tuturnya.

Mahasiswa Prodi Teknik Mesin UMM memamerkan hasil karya mereka di Mechanical Engineering Expo (Mexpo), di pelataran prodi, Senin (04/10/2021).

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM,  Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si,  yang turut hadir menilai, Mexpo merupakan tradisi akademik yang bagus, karena tidak lepas dari adanya kreatifitas. “Tapi jangan  hanya menciptakan,  tapi juga harus memberikan inovasi baru yang lebih baik. Apalagi jika inovasi tersebut dapat menyerang dan menggoyahkan inovasi yang sudah ditemukan sebelumnya. Hal itu tentu menjadi capaian yang luar biasa,” ungkapnya.

Pada Mexpo ini  panitia sudah menyiapkan berbagai penampilan untuk mengiringi, seperti band akustik. Di samping itu, Prodi Teknik Mesin juga menyiapkan berbagai apresiasi dana pembinaan untuk Tim Mekatronik, Robotik serta pemenang-pemenang PKM.

Adapun beberapa karya menarik yang patut dilihat adalah kapal cepat tak berawak, robot yang menjuarai kompetisi dunia, mobil hemat energi, robot pemadam api, produk project design team serta karya menarik lainnya.  (div/mat)