26 Juni 2024

`

PWI Kuala Kapuas Ingin Duplikasi Program Kemandirian PWI Malang Raya

2 min read

MALANG | TABLOIDJAWATIMUR.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dari Kuala Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) berkeinginan kuat mencontoh PWI Malang Raya. Terutama dalam hal program kemandirian organisasi yang memang moncer dan mengarah kesejahteraan anggota.

 

Foto bersama pengurus PWI Kapuas dan pengurus PWI Malang Raya.

 

HAL tersebut disampaikan Ketua PWI Kuala Kapuas Sri Hayati S.Si saat bertandang ke Mako PWI Malang Raya. Menurutnya, ia tertarik dengan berbagai program yang digulirkan PWI Malang Raya seperti Jurnalis Siaga Bencana. Juga ada program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar gratis, dan Lembaga Pemberdayaan Wartawan (LPW).

Pengurus PWI Kapuas saat bertandang ke Mako PWI Malang Raya.

“Kami pernah studi banding ke Bandung, tapi kami anggap PWI Malang Raya tetap yang betul-betul berdikari. Tapi tetap dapat menjaga indepensensi,” ungkap Sri Hayati, Senin (04/12).

Lebih lanjut Ketua PWI Kuala Kapuas menguraikan, jika pihaknya memiliki program Berbagi Senyum. Dimana dalam kegiatan tersebut mendonasikan berbagai bahan makanan untuk masyarakat yang membutuhkan. Acara sosial ini rutin digelar setiap selepas sholat Jum’at.

Di sisi lain, PWI Kuala Kapuas juga mewanakan menduplikasi program perumahan seperti PWI Malang Raya. Mereka memiliki lahan enam hektar guna pengadaan rumah untuk anggota wartawan di sana.

Sedangkan Ketua PWI Malang Raya Ir Cahyono membeberkan, organisasi yang dipimpinya memiliki program pengadaan perumahan. Hal ini berkat kerjasama erat dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami juga rajin menggelar Uji Kompetensi Wartawan. Selama tiga tahun sudah delapan kali menyelenggarakan UKW,” ucap Cahyono.

Lewat UKW tersebut menelorkan 264 wartawan nasional yang kompenten. Pasalnya UKW tersebut diikuti wartawan dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia.

PWI Malang Raya juga memiliki aset ruko dan satu unit ambulance yang ketika ada bencana dapat digunakan. Dengan demikian selaras dengan program Jurnalis Siaga Bencana.

Selain itu PWI Malang Raya juga memiliki LPW yang memang khusus dibentuk untuk menyejahterahkan anggota. Dimana terdapat 48 pengurus aktif yang mengayomi 351 seluruh anggota PWI Malang Raya.

Ada juga Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) bentukan PWI Malang Raya. Unit ini dibuat untuk mengembangkan pendidikan kejurnalistikan wartawan dan masyarakat. Beberapa waktu lalu SJI memberikan edukasi kepada 390 Kades di seluruh Kabupaten Malang.

Dalam kunjungan studi banding ini PWI Kuala Kapuas membawa 15 anggotanya. Diharapkan melalui kunjungan ini dapat menambah rasa persaudaraan. Beberapa PWI daerah lain juga kerap berguru ke PWI Malang Raya. (*)