18 Mei 2024

`

Pemkot Malang Ajari Masyarakat Menulis Berita

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Masyarakat Kota Malang, Jawa Timur, dilatih untuk gemar dan benar menulis berita. Jika hal itu disinergikan dengan agenda pemerintahan, akan membantu tugas-tugas pemerintahan. 

 

Sejumlah masyarakat Kota Malang mengikuti pelatihan jurnalistik pewarta warga yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, di Hotel Ijen Suites, Kota Malang, Rabu (07/06/2023) pagi.

 

HAL ITU disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko, saat membuka pelatihan jurnalistik pewarta warga yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, di Hotel Ijen Suites, Kota Malang, Rabu (07/06/2023) pagi.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko, membuka pelatihan jurnalistik pewarta warga yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, di Hotel Ijen Suites, Kota Malang, Rabu (07/06/2023) pagi.

“Dalam pelatihan pewarta warga, juga diperdalam teknis menulis. Bagaimana jurnalistik dan ketentuan yang terkait penulisan. Keingintahuan masyarakat, ketika teknologi informasi terbuka, perlu diimbangi dengan kemampuan menulis,” terang Sofyan Edi.

Tidak hanya menulis, lanjut wawali, namun juga termasuk menyampaikan berita dan sosialisasi program. Karena itu, pelantihan jurnalistik sangat penting sekali.  “Terkait dengan kebijakan dan peraturan, wajib tersampaikan kepada publik. Input dan masukannya, itu penting. Termasuk program pembangunan yang memang harus tersampaikan,” lanjut politisi Partai Golkar ini.

Menulis, kata dia, bagian dari menyuarakan apa yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu dilibatkan dalam proses penyusunan program maupun pembahasan hingga pelaksanaan.  “Masyarakat semakin mandiri dan diedukasi, bisa melaksanakan sebagian tugas pemerintah. Diharapkan kapasitas dan kemampuan  menyampaikan berita semakin meningkat,” pungkasnya. (aji/mat)