16 Juni 2024

`

Pelajar MA An-Nur 3 Bululawang Dikenalkan Bahaya Seks Pra Nikah dan Penyalahgunaan Napza

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ratusan pelajar Madrasah Aliyah (MA) An-Nur 3 Bululawang,  Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengikuti  sosialisasi Program Generasi Berencana (GenRe), Sabtu (19/03/2022) di sekolah setempat. Mereka dikenalkan bahaya  seks pra nikah, nikah dini, dan penyalahgunaan napza.

 

Ratusan pelajar Madrasah Aliyah (MA) An-Nur 3 Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengikuti sosialisasi Program Generasi Berencana (GenRe), Sabtu (19/03/2022) di sekolah setempat.

 

ATIKA Eri,  salah satu Pengurus Insan GenRe Kabupaten Malang,  menjelaskan, program yang dibentuk  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang ini mengedepankan pembentukan karakter bagi generasi muda.

“Sosialisasi ini merupakan program keberlanjutan untuk memberi pemahaman kepada remaja. Harapannya, agar para pelajar  lebih  mengerti tentang pendewasaan usia perkawinan hingga perencanaan kehidupan berkeluarga,” kata Atika Eri, di sela-sela acara.

Atika Eri menambahkan, kegiatan di Aula MA An-Nur 3 Bululawang ini merupakan kolaborasi dari empat lembaga, yakni MA An-Nur 3 Bululawang, Duta GenRe Kabupaten Malang, Elfara,  dan Fair Lovely.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi satu, peserta putra dengan jumlah 150 pelajar. Sesi kedua, peserta putri sebanyak 300 peserta. Dalam setiap sesi, materi yang disampaikan meliputi pengenalan MA An-Nur 3 Bululawang, program GenRe, Mini Games Tentang Kita, dan dorprize oleh Fair Lovely.

Junaidi, Ketua Panitia PDKT Junaidi yang juga guru  MA An-Nur 3 ini  berharap program ini mampu menjadi langkah awal untuk mengetahui apa itu Duta GenRe dan apa saja program GenRe. Selain itu,  dengan sosialisasi ini, para siswa-siswi MA An-Nur 3 Bululawang mampu mengenal GenRe (Generasi Remaja), substansi GenRe, sehingga mampu menjadi remaja yang bebas dari seks pra nikah, nikah dini, dan penyalahgunaan napza.

Sementara itu,  antusiasme siswa-siswi  MA An-Nur 3 Bululawang cukup tinggi mengikuti kegiatan ini. Karena itu, ke depan program GenRe Goes To School akan terus digencarkan guna membangun karakter remaja yang bisa membanggakan daerahnya masing-masing. (div/mat)