18 Mei 2024

`

HMI Malang Daftar Jadi Anggota Pemantau Pemilu

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, Jawa Timur, melakukan audiensi dengan Bawaslu Kota Malang dan mendaftar sebagai anggota Lembaga Pemantau Pemilu, Senin (08/05/2023) siang.

 

Pengurus HMI Cabang Malang mendaftar sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Bawaslu Kota Malang, Jawa Timur, Senin (08/05/2023) siang.

 

KETUA HMI Cabang Malang Bidang Pembangunan Demokrasi Politik, Achmad Faizal N Kuncoro, menjelaskan, sebagai organisasi independen, HMI wajib berperan aktif dalam  pengawasan  Pemilu agar dapat melahirkan demokrasi berintegritas di Kota Malang.

“Untuk menghadirkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas,  membutuhkan sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder,  termasuk partisipasi dari masyarakat. Salah satu aksi nyata yang dapat diberikan untuk melahirkan Pemilu yang  berkualitas  dan  berintegritas  adalah  mendaftarkan diri sebagai Lembaga Pemantau Pemilu di Bawaslu,” kata Faizal.

Dia menambahkan, proses transisi kepemimpinan  tahun 2024 dilaksanakan secara serempak. Maka, proses pengawasan partisipatif di setiap level sangat penting. “Pada proses transisi kepemimpinan pada tahun 2024 memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi. Itu terlihat bagaimana Pemilu dilaksanakan secara serempak,” terang Faizal.

Bawaslu  sangat  terbantu  dan membuka selebar-lebarnya pintu untuk mendaftar sebagai pemantau. “Selain itu, HMI Cabang Malang mewakafkan diri untuk menjadi mitra kritis sekaligus mitra strategis untuk Bawaslu Kota Malang dalam meningkatkan pengawasan Pemilu,” lanjut  alumni FEB UMM ini

Sebagai kader   umat dan  kader bangsa, masih kata Faizal, sudah selayaknya semangat nasionalisme di setiap diri kader tetap dirawat dan dijaga. Dengan berpartisipasinya HMI Cabang Malang di pengawasan ini, akan berdampak baik bagi masa depan kepemimpinan demokrasi politik di masa depan. (div/mat)