18 Mei 2024

`

Filkom UB Raih Akreditasi Internasional AQAS

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, memperoleh Akreditasi Internasional AQAS (Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen) setelah melalui asesmen lapangan, tahun lalu. Sertifikat AQAS diserahkan Kamis (02/02/2023).

 

Dekan Filkom UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, Ph.D, menerima Sertifikat AQAS, Kamis (02/02/2023).

 

DEKAN Filkom UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, Ph.D, menjelaskan, akreditasi AQAS ini sama dengan akreditasi umumnya,  baik nasional atau internasional. “Yang membedakan adalah dari standar pembelajaran, baik kurikulum dan fasilitas sudah berstandar internasional,” katanya usai menerima sertifikat.

Wayan menambahkan, dengan mendapatkan akreditasi internasional ini, akan memudahkan lulusan Filkom UB melanjutkan studi lanjut di luar negeri atau akan bekerja di luar negeri. “Selain itu, calon mahasiswa baik dari luar negeri atau dalam negeri,  sudah yakin dengan kualitas pendidikan  Filkom  UB,” terangnya.

Prof. Wayan melanjutkan, target selanjutnya, Filkom akan membuka program studi baru, karena fakultas sudah memiliki kapasitas dengan baik dalam mengelola sumber daya dan kurikulum pembelajarannya.

“Saat ini waktunya untuk ekspansi, membuka prodi baru, sesuai kebutuhan masyarakat. Insyaallah dalam waktu dekat ini Filkom akan menambah program studi baru, yaitu S2 (Magister) Sistem Informasi, S3 (Doktoral) Ilmu Komputer,  serta tidak menutup kemungkinan S1 juga bertambah,  semisal Rekayasa Perangkat Lunak dan Kecerdasan Buatan,” terang Wayan.

Sebagai catatan, Fakultas Ilmu Komputer berhasil memperoleh Akreditasi Internasional AQAS (Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen) setelah melalui asesmen lapangan pada  22 – 26 Agustus 2022 oleh Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antariksa dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman (perwakilan mahasiswa).

Enam program studi dari Filkom, yaitu Prodi Teknik Informatika (TIF),  Teknik Komputer (Tekom), Pendidikan Teknologi Informasi (PTI),  Sistem Informasi (SI),  Teknologi Informasi (TI) dan Magister Ilmu Komputer, telah terakreditasi secara internasional. Tiga di antaranya (TIF, TEKKOM, dan PTI) berstatus unconditional. Artianya, lolos tanpa syarat. Masa berlaku akreditasi ini 5 (lima) tahun sampai 31 Desember 2028.  (div/mat)