22 April 2024

`

IBU Jalin Kerjasama Dengan Moscow City

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo (IBU) Malang,  Jawa Timur, menjalin kerjasama dengan Moscow City University Samara Russia. Kerjasama ini wujud penguatan program internasionalisasi dan implementasi program kampus merdeka. 

 

Rektor IBU, Prof. Dr. Nurcholis Sunuyeko, MSi, Bersama Tim dari Moscow City University Samara Russia saat menjalin kerjasama.

 

REKTOR IBU, Prof. Dr. Nurcholis Sunuyeko, MSi, menerangkan, saat ini Rusia menginginkan banyak warga negaranya dapat menguasai bahasa Indonesia. “Untuk saling memahami kerjasama tersebut berjalan lancar, perlu pemahaman akan bahasa Indonesia,” terangnya di kantornya, Kamis (02/02/2023).

Nurcholis mengaku, pihaknya diundang menghadiri Global Summit. Rektor dari berbagai perguruan tinggi Indonesia dan mancanegara, diharapkan hadir, membicarakan peran masa depan universitas.

Untuk diketahui, Rusia dianggap mampu di bidang teknologi. Hal itu juga terkait IKIP Budi Utomo pada Maret 2023 berubah menjadi universitas. Di dalamnya, ada Fakultas Teknik berkenaan dengan IT. “Sedangkan pihak Moscow University berjanji mendatangkan mahasiswanya untuk belajar bahasa Indonesia. Seperti kegiatan dharma siswa,” lanjutnya.

Vice Rektor Moscow City University Samara Russia, Prof Elchin Gashimov PhD hadir langsung dalam MoU.

Ia menyampaikan, IKIP Budi Utomo merupakan kampus pendidikan. itu sejalan dengan kebijakan Pemerintah Rusia yang memprioritaskan kapasitas  pengajarnya.  “Dengan MoU diharapkan ada program yang dikerjasamakan. Seperti pertukaran dosen dan mahasiswa serta penelitian dan lainnya,” harapnya. (aji/mat)