13 April 2024

`

Drainase Ki Ageng Gribig Akan Atasi Banjir di Sawojajar

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pembangunan saluran drainase di depan SMP 4 PGRI Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, diharapkan akan menyelesaikan masalah banjir di sejumlah titik, khususnya di kawasan Sawojajar.

 

Pembangunan saluran drainase di depan SMP 4 PGRI Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, masih berlangsung hingga Jumat (25/08/2023) siang.

 

“INI BUKTI komitmen kami dari sebuah rekomendasi master plan yang harus dilaksanakan. Master plan itu berdasarkan kajian dari berbagai pihak. Mulai akademisi, lurah, tokoh masyarakat, serta dari berbagai pihak,” terang Wali Kota Malang, H. Sutiaji, usai meninjau pembangunan saluran drainase di depan SMP 4 PGRI Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (23/08/2023) siang.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji, meninjau pembangunan saluran drainase di depan SMP 4 PGRI Jl. Raya Ki Ageng Gribig, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (23/08/2023) siang.

“Pembuatan gorong-gorong ini akan menyelesaikan masalah banjir di sejumlah titik di Kota Malang, khususnya di kawasan Sawojajar. Karena pembangunannya juga terhubung dengan beberapa titik sebagai tangkapan air. Kemudian air dialirkan lewat drainase dan mengarah ke sungai. Jadi ada juga di Jl. Danau Bratan, Jl. Danau Jonge, Jl. Ki Ageng Gribig, dan lainya,” jelasnya.

Sutiaji berharap, saluran drainase di depan SMP 4 PGRI Jl. Raya Ki Ageng Gribig ini sudah dapat difungsikan musim hujan mendatang. Bahkan di akhir tahun ini, bisa dilihat seberapa efektif dari gorong- gorong ini.
“Nanti musim hujan kita lihat seberapa efektif dari proyek ini, terkait banjir, khususnya di kawasan Sawojajar bisa tiris. Dan tahun 2028, sudah tuntas banjir,” pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan, gorong- gorong tersebut melintas di halaman sekolah SMP PGRI 4. Kepala SMP PGRI 4, Fitri menerangkan, saat ini para siswa tetap belajar. “Untuk para siswa tetap belajar namun melalui daring,” katanya. (aji/mat)