16 Juni 2024

`

Wali Kota Malang : Tahun 2028, Kota Malang Dijamin Bebas Banjir

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, menyebut, Kota Malang, Jawa Timur, bebas banjir pada tahun 2028, menyusul dibangunnya sejumlah bozem (waduk buatan) di beberapa kawasan.

 

Petugas dan masyarakat gotong royong membersihkan kawasan yang terdampak banjir di salah satu sudut di Kota Malang, Jawa Timur, belum lama ini.

 

Salah satu sudut di Kota Malang, Jawa Timur, yang banjir karena hujan deras dan got tak mampu menampung luapan air hujan, belum lama ini.

HAL ITU ia sampaikan saat meninjau progres pembuatan bozem di Kebun Bibit, Jl. Angklung, Kelurahan Tunggul Wulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Selasa (22/08/2023) siang. “Jadi, pada tahun 2028, Kota Malang dijamin benar-benar bebas banjir,” katanya.

Ia menambahkan, bozem merupakan sebuah waduk buatan, digunakan untuk menampung limpahan air. Selain itu, jika diperlukan bisa untuk mengalirkan air, sehingga bisa mengurangi dampak kekeringan. “Bozem Tunggul Wulung diperkirakan dapat mengurangi resiko banjir hingga 20 %, terutama di wilayah Soekarno Hatta,” jelasnya.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji, meninjau progres pembuatan bozem di Kebun Bibit, Jl. Angklung, Kelurahan Tunggul Wulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (22/08/2023) siang.

Di kawasan Soekarno Hatta, masih kata Sutiaji, juga akan dibangun hal serupa. Bahkan nantinya bozem ini diperkirakan mampu menampung 2.800 meter kubik air, sehingga dapat mengatasi banjir di sekitar Soekarno Hatta, Bantaran, Tulus Rejo, dan Mojolangu. “Pengajuan rencana pembangunan sudah sampai di kementerian terkait,” ujarnya.

Ia menegaskan, dalam pengerjaan proyek bozem, sebaiknya tidak berpatokan surat perintah kontrak, namun seharusnya dapat melakukan percepatan pengerjaan, sehingga tuntas lebih awal, lebih bagus. “Tapi kualitas pengerjaan harus terjaga agar warga sekitar tidak merasa was-was,” tegasnya seraya menambahkan Pemkot Malang mengajukan pembangunan empat bozem yang ditargetkan tuntas seluruhnya pada 2028. (aji/mat)