19 Juni 2024

`

Disiplin 884 Mahasiswa PPG UM Digembleng di Lanal Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 884 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang), melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang), Jawa Timur, 25 – 26 Juni 2023. 

 

Sebanyak 884 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang), melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang), Jawa Timur, 25 – 26 Juni 2023.

 

PARA peserta berasal dari berbagai program studi. Meliputi PGSD, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Pendidikan Jasmani Keolahragaan, dan Pendidikan Luar Biasa.

Sebanyak 884 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang), melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara di Pangkalan TNI.

Ketua Prodi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan membentuk karakter Pancasila dalam diri calon pendidik, sehingga siap diterjunkan di sekolah-sekolah dengan mengamalkan nilai-nilai baik Pancasila.

“Kegiatan bela negara ini merupakan kegiatan penuh yang utama selain kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan praktik di sekolah. Karena itu, sebagai calon guru professional, kami mohon para peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar terkait karakter, sikap, dan budi luhur. Karena sikap dan budi luhur ada di atas segala-galanya. Bahkan ada di atas ilmu yang telah dimiliki,” pesannya.

Pimpinan di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang), Jawa Timur, menyematkan tanda peserta kepada salah seorang mahasiswi Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 tahun 2022 Sekolah Pascasarjana (SPs) UM (Universitas Negeri Malang), yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara di Pangkalan TNI AL Malang (Lanal Malang), Jawa Timur, 25 – 26 Juni 2023.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Agus Suyetno, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, ada empat rangkaian kegiatan yang harus diikuti mahasiswa PPG Prajabatan UM. Di antaranya, kegiatan bela negara yang menjadi rangkaian pertama, dilanjutkan kepramukaan, bina mental, dan terakhir kewirausahaan.

“Bela negara prinsipnya membentuk karakter. Kami berharap karakternya bisa terbentuk. Karena setelah ini mereka ditujukan menjadi pendidik. Jadi mereka bisa menyalurkan karakter-karakter kedisiplinan, kemudian siap untuk ditugaskan ke sekolah mana dan disiplin dan patuh ke pimpinan,” ungkapnya. (div/mat)