8 Desember 2022

'

CUKAI SATPOL PP KOTA MALANG

Bupati Lepas Ekspor Produk UMKM ke AS

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi, melepas ekspor sejumlah produk yang dihasilkan PT. Kriya Alam Indonesia di Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/11/2022) siang.

 

Bupati Malang, HM Sanusi, didampingi Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Sekretaris Daerah Wahyu Hidayat, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Pantjaningsih Sri Redjeki, menyerahkan tumpeng kepada perwakilan PT. Kriya Alam Indonesia, Sabtu (12/11/2022) siang.

 

PRODUK UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam bentuk kerajinan batu alam, kerajinan wastafel batu kali, wastafel marmer, dan meja resin ini, dikirim ke Amerika Serikat.

Bupati Malang, HM Sanusi, bersalaman dengan sopir yang membawa produk yang dihasilkan PT. Kriya Alam Indonesia yang akan diekpsor ke Amerika Serikat, Sabtu (12/11/2022) siang.

“Selamat dan sukses kepada PT. Kriya Alam Indonesia atas ekspor ke USA ini. Ini menandakan PT. Kriya Alam Indonesia semakin berkembang dan tumbuh pesat. Semoga ekspor ini semakin memajukan bisnis PT. Kriya Alam Indonesia agar semakin eksis, tangguh, dan berdaya saing, baik di pasar lokal, regional, maupun  internasional,” kata bupati.

Bupati asal Gondanglegi ini menambahkan, salah satu kunci mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional adalah meningkatan jumlah ekspor. “Bukan hanya membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya, namun ekspor juga akan menghasilkan devisa yang nantinya dapat mengurangi defisit negara. Kita  patut memberikan apresiasi tinggi kepada  PT. Kriya Alam Indonesia yang telah menghasilkan beberapa produk barang jadi, seperti kerajinan wastafel batu kali, wastafel marmer, dan  meja resin berkualitas ekspor, ” katanya.

Bupati Malang, HM Sanusi, bersama Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menyaksikan salah satu produk hasil karya PT. Kriya Alam Indonesia di Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/11/2022) siang.

Mantan Wakil Bupati Malang ini menambahkan, Pemerintah Kabupaten Malang akan terus berupaya  mendorong peningkatan produktivitas industri kreatif dan UMKM, yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. “Mengingat di situasi seperti sekarang ini, geliat perekonomian global cenderung terkontraksi dengan adanya potensi resesi ekonomi di tahun 2023. Namun alhamdulillah ekspor PT. Kriya Alam Indonesia mampu menggugah semangat pegiat ekonomi dan industri di Kabupaten Malang, bahwa masih ada peluang yang sebenarnya dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan,” ujarnya.

Bupati menyarankan agar PT. Kriya Alam Indonesia dapat memaksimalkan jejaring kemitraannya, baik dengan industri lain atau melalui perluasan unit usaha agar produktivitas naik dan distribusinya dapat menyebar luas, sehingga mampu menjadi pengungkit tumbuhnya industri kreatif dan UMKM.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Sekretaris Daerah, Wahyu Hidayat, serta para kepala OPD, camat, dan Muspika Singosari. (bri/mat)